alexametrics

Resmi Jadi Tersangka, Ibu Penganiaya Tiga Anak Angkat Langsung Ditahan

18 September 2018, 16:54:01 WIB

JawaPos.com- Polisi resmi menetapkan Meilania Detaly alias Memei sebagai tersangka, Selasa siang (18/9). Memei terbukti menyekap, menelantarkan, dan menganiaya tiga anak angkatnya di ruko, Jalan Mirah Seruni, Makassar.

Kasatreskrim Polrestabes Makassar Kompol Wirdhanto Hadicaksono menegaskan, seluruh bukti dan keterangan saksi yang telah terkumpul cukup untuk menetapkan Memei sebagai tersangka.

“Unsurnya (sudah) terpenuhi. Tujuh orang saksi sudah tuntas pemeriksaannya, barang bukti juga sudah kami temukan. Statusnya sudah resmi kami naikkan sebagai tersangka,” tegas Wirdhanto, Selasa siang (18/9).

Barang bukti yang diamankan polisi adalah batang besi yang dipakai korban saat mencongkel pintu ruko untuk kabur. Selain itu, Korps Bhayangkara juga mengamankan sejumlah benda yang dipakai Memei untuk menganiaya para korban.

Tindakan Memei itu dilaporkan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Senin (17/9). Selain mendampingi para korban, P2TP2A juga memperkarakan kasus tersebut ke kepolisian.

Dalam laporannya, P2TP2A menyebut tersangka melakukan penganiayaan secara fisik dan psikologis. Selain itu, dia juga menelantarkan ketiga anak angkatnya.

Sesuai dengan penyidikan sebelumnya, tersangka melakoni perbuatannya didasari karena faktor ekonomi. ”Motif utamanya, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, adalah kondisi ekonomi pelaku. Terhimpitnya ekonomi keluarga sehingga banyak kekurangan-kekurangan dan ketidaklayakan, hingga berdampak pada perlakuan terhadap anak-anaknya,” tutur alumnus peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 2003 tersebut.

Polisi menjerat Memei dengan pasal berlapis. Yakni pasal 77 dan 76 B, juncto pasal 80 ayat 1 juncto pasa 76 C, Undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak. Selain itu juga pasal 44 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Wirdhanto memastikan, usai ditetapkan sebagai tersangka, Memei langsung ditahan di sel tahanan Mapolrestabes Makassar. ”Ancaman pidananya kurungan minimal 5 tahun penjara. Kami langsung lakukan penahanan terhadap tersangka,”

Editor : Dida Tenola

Reporter : (rul/JPC)

Resmi Jadi Tersangka, Ibu Penganiaya Tiga Anak Angkat Langsung Ditahan