alexametrics

Besok Pendaftaran CPNS, Pemohon SKCK Membludak di Mapolres Malang Kota

18 September 2018, 16:03:14 WIB

JawaPos.com- Puluhan pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tampak mengantre di Mapolres Malang Kota, Selasa (18/9). Mereka harus cepat mengurus SKCK karena besok Rabu (19/9), pendaftaran CPNS sudah mulai dibuka.

Berdasar pantauan JawaPos.com, antrean panjang sudah terlihat sejak pagi hari. Beberapa pemohon SKCK bahkan sampai ada yang duduk di lantai.

Bagian Urusan (Baur) SKCK Polres Malang Kota Aiptu Soesanti Kusumawardani menjelaskan, pemohon SKCK sudah mulai membludak sejak Senin (17/9). ”Ramai mengurus SKCK untuk persiapan CPNS,” jelasnya kepada JawaPos.com.

Saat kondisi normal, biasanya pemohon hanya berjumlah sekitar 50 orang. Namun saat masa pendaftaran CPNS ini, jumlah pemohon melonjak dua kali lipat. Polisi bisa meladeni pengajuan permohonan SKCK sebanyak 100 lembar dalam sehari.

Meskipun jumlah pemohon SKCK meningkat, kepolisian tidak akan menambah jam pelayanan. Sebab, mereka harus segera menyetor uang ke bank pada hari yang sama.

“Pelayanan tetap dari jam 08.00 WIB sampai 13.30 WIB. Kami tidak melakukan tambahan jam layanan karena ada batasan waktu untuk setor ke bank. Kalau (jam pelayanan) ditambah, kami tidak bisa setor,” terang Soesanti.

Polres Malang Kota hanya menambah jumlah personil untuk pelayanan pembuatan SKCK. ”Biasanya cuma empat orang. Sekarang delapan orang yang standby,” tambahnya.

Soesanti memrediksi, pemohon SKCK akan terus berdatangan hingga satu minggu kedepan. ”Biasanya sesuai pengalaman sebelumnya bisa sampai semingguan. Sampai pendaftaran tutup,” tuturnya.

Salah seorang pemohon, Anggun Herawati, 21, mengaku bahwa dirinya memang membutuhkan SKCK untuk pendaftaran CPNS. “Saya melamar CPNS di Pemkot Malang,” ujarnya.

Alumnus Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang (UM) itu melanjutkan, dirinya baru pertama kali membuat SKCK. Anggun yang ingin mendaftar sebagai guru itu harus rela mengantre sekitar satu jam.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (fis/JPC)

Besok Pendaftaran CPNS, Pemohon SKCK Membludak di Mapolres Malang Kota