alexametrics

300 Ton Sampah Diangkut dari Badan Air Setiap Hari di Jakarta

18 September 2018, 08:45:06 WIB

JawaPos.com – Penanganan sungai Ciliwung semakin serius diperbincangkan Pemerintah Pusat maupun daerah. Pasalnya sungai ataupun kali yang ada telah dikategorikan tercemar utamanya di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkap, sungai dan kali dengan kondisi saat ini membutuhkan bertahun-tahun untuk pembersihan dan pengolahan. Walau, diakuinya dalam membuat baku mutu air menjadi baik kembali cukup sulit.

“Kita senang Pak Presiden bilang Ciliwung harus seperti sungai di Korea. Nah perlu penanganan terintegrasi dalam penanganan Ciliwung, Pasukan Oranye selama ini melakukan pembersihan baru sampah di atas tapi baku mutu air belum,” ujarnya ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (17/9).

“Hasil evaluasi air sungai di Jakarta tercemar berat mengandung E-Coli, timbal, dan merkuri hampir semua sungai. Kalau mau kayak di Korea tidak hanya sekadar sampah tapi baku mutu air ditingkatkan,” tambahnya.

Isnawa menyampaikan upaya naturalisasi memang tengah dilakukan. Pihaknya menerjunkan sebanyak 4.000 Pasukan Oranye setiap harinya untuk memberishkan sampah, baik di sungai, kali, dan waduk yang ada di Jakarta. 

“4.000 orang turun, mereka kerja 8 jam sehari. Kalau sampah di sungai rata-rata 300-400 ton perhari yang diangkut dari badan sungai. Kalau hujan wah parah. Paling banyak mendominasi sampah plastik memang,” terangnya.

Walau begitu, Isnawa pun mengimbau kepada Pemerintah Daerah agar bekerja sama secara terintegrasi, jika ingin Ciliwung ditata sedemikian rupa. Sebab, penataan dan pembersihan harus dalam pola hulu ke hilir.

“Sia-sia jika kami lakukan pembenahan tapi kalau misal hulunya belum melakukan hal yang sama. Mereka benahi kami juga, naturalisasi kami kerjakan. Penjernihan bisa tapi ya hulu bersihin juga, ini harus semua berintegrasi,” jelas Isnawa.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)


Close Ads
300 Ton Sampah Diangkut dari Badan Air Setiap Hari di Jakarta