alexametrics

Gelar Razia, Satpol PP Ini Banyak Temukan Penjualan Miras Tanpa Izin

18 September 2017, 08:15:05 WIB

JawaPos.com – Razia dan penertiban kepada para pedagang minuman keras yang tidak memiliki izin terus dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kali ini sasarannya yakni penertiban di Lokalisasi Km 12 Kelurahan Pasir Putih, Sampit, Sabtu (16/9).

Dari hasil razia tersebut, terbukti banyak pengelola karaoke yang tidak memiliki izin penjualan miras, tetapi mereka menjual secara bebas.

Menurut Kasat Pol PP Kotim Rody Kamislam, apa yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk penerapan perda no 3 Tahun 2017, sehingga dengan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Agar nantinya para pedagang minuman keras yang menjual tidak kaget dengan aturan yang baru.

Sementara itu, dari kegiatan yang dilakukan, banyak sekali ditemukan yang tidak memiliki izin. Justru para pengelola karaoke yang ada di Lokalisasi Km 12 Pasir Putih ini, memperlihatkan izin usahanya. Terbukti mereka tidak banyak yang memahami, sehingga izin usaha yang selama ini digelutinya dianggap juga sudah sepaket dengan ijin perdagangan miras.

“Kami sangat sayangkan ternyata mereka tidak memiliki izin semuanya dan yang digunakan adalah ijin usaha. Mereka menganggap apabila sudah memiliki izin usaha juga sebagai ijin menyediakan minuman keras,” terangnya dilansir Kalteng Pos (Jawa Pos Group).

Ia menambahkan, nantinya dalam perda ini sendiri pihaknya tetap masih menggunakan tindak pidana ringan. Tetapi dari denda yang ditetapkan berbeda dengan perda yang lama. Mereka akan di pidana selama tiga bulan kurungan penjara, dan denda Rp25 juta.

Nantinya perda ini yang akan digunakan kepada para pedagang yang masih nekat menjual tanpa memiliki ijin. saat ini kegiatan ini masih difokuskan ke wilayah Lokalisasi Km 12 Sampit. Apabila semua sudah diberikan pemahaman akan dilanjutkan ke wilayah dalam perkotaan.

“Nantinya kami juga akan melakukan penindakan di dalam perkotaan sehingga para pedagang yang tidak memiliki ijin akan ditindak. Kami masih memberikan toleransi agar mereka segera mengurus, apabila tidak akan kami lakukan penyitaan dan proses sesuai aturan yang berlaku,” tukasnya.

Editor : admin

Reporter : (wnd/jpg/JPC)



Close Ads
Gelar Razia, Satpol PP Ini Banyak Temukan Penjualan Miras Tanpa Izin