JawaPos Radar

Pipa Transmisi Rusak, Air PDAM Nyembur hingga 10 Meter

18/07/2018, 19:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pipa PDAM Bocor
JEBOL: Pipa saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang yang berada di kawasan Sulfat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang jebol dan menyemburkan air mencapai 10 meter, Rabu (18/7) sore (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pipa saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang yang berada di kawasan Sulfat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang jebol dan menyemburkan air setinggi 10 meter, Rabu (18/7) sore. Semburan air itu pun berakibat pada kendaraan yang melintas dan menimbulkan genangan air di sekitar lokasi.

Beberapa kendaraan yang melintas pun tidak luput dari semburan air. Tidak hanya kendaraan roda empat, pengendara roda dua pun basah kuyup saat melintas di sekitar lokasi kejadian.

Setelah sekitar 1,5 jam berlangsung, petugas dari PDAM Kota Malang pun datang dan memperbaiki pipa saluran air yang jebol tersebut. 

Pipa PDAM Bocor
Setelah sekitar 1,5 jam berlangsung, petugas dari PDAM Kota Malang pun datang dan memperbaiki pipa saluran air yang jebol tersebut. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Manager Perawatan PDAM Kota Malang, Sulis Andri Asmawan mengatakan, pipa tersebut baru diperbaiki setelah semburan air merendah. Hal itu mengingat tingginya semburan air yang mencapai 10 meter sebelumnya. "Butuh waktu sekitar 1,5 jam sebelum diperbaiki," ujarnya. 

Dia menjelaskan, kebocoran ini dikarenakan kerusakan dari pipa transmisi yang mengalirkan air menuju tandon yang berada di kawasan Kedungkandang, Kota Malang. Dia pun mengatakan jika hal tersebut diluar kendali tim perawatan. "Ini (jebol) karena tekanan air yang terjadi, bisa (karena) adanya aliran balik yang terjadi di pipa penyaluran air. Ini diluar kendali kami," terangnya.

Selain itu, lanjut dia, penyebab lain bisa dikarenakan kondisi air rilis yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. "Ini memang sudah tua," lanjutnya. 

Tidak hanya di perempatan Sulfat, kebocoran juga terjadi di jalan Danau Kerinci. Akibat kejadian itu, supply air ke pelanggan pun mengalami gangguan. Beberapa daerah yang terdampak antara lain kawasan jalan Ki Ageng Gribig, jalan KH Malik, jalan Mayjend Sungkono, Perumahan Green Living, Ruko Sawojajar, Perumahan City Side, dan beberapa kawasan lain. 

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up