JawaPos Radar

Kapolri Tito Minta Capaja Ubah Kultur Koruptif di Tubuh Polri dan TNI

18/07/2018, 15:13 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kapolri Tito Minta Capaja Ubah Kultur Koruptif di Tubuh Polri dan TNI
Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta agar para calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri bisa menjadi agen perubahan di institusi masing-masing. Hal itu disampaikannya saat memberi pembekalan terhadap di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (18/7). 

"Saya harap kalian jadi agen pembaru," ujarnya. 

Kultur yang dimaksud Tito tentu berkonotasi negatif. Yakni, kultur arogansi, kesewenang-wenangan, ditambah lagi koruptif. "Ini jadi tantangan, saya harapkan kepada para generasi muda untuk mampu merubah kultur," tegas mantan Kapolda Metro Jaya itu. 

Cara untuk mengubah kultur tersebut yakni dengan idealisme yang kuat. Kendati bukan penentu kebijakan, tapi ada kalanya kata Tito, gerakan dari bawah bisa lebih berpengaruh terhadap kebijakan itu sendiri. 

"Kalau semua kompak, jalin hubungan, miliki WA (WhatsApp) grup membuat hal postif, beri masukan kritis, itu akan jadi agen of change," pungkasnya.  

Sekadar informasi, dalam acara pembekalan ini, terdapat 724 capaja.  Terdiri dari capaja TNI AD sebanyak 225 orang. Capaja TNI AL 102 orang, capaja TNI AU sejumlah 119, dan capaja Polri 278 orang. Semuanya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Kamis besok (18/7).

Dalam acara ini turut dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyanto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna dan Pati TNI-Polri lainnya. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up