alexametrics

Truk Kelebihan Beban, Jembatan Ambrol

18 Juni 2019, 14:37:55 WIB

JawaPos.com – Sebagian jembatan penghubung antara perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan di daerah Mesuji ambrol kemarin dini hari (17/6). Penyebabnya, dua truk kelebihan beban melintas bersamaan dari arah berbeda. Jalan tak mampu menahan beban sehingga aspal ambrol ke sungai di bawahnya. Arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) macet total.

Petugas sulit melakukan evakuasi karena pengemudi truk hijau nopol BG 8629 ID dengan muatan sawit itu melarikan diri. Yang ada hanya Adi Irawan, pengemudi truk merah nopol BG 8853 IC bermuatan 45 ton semen putih.

Jembatan penghubung antara perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan di daerah Mesuji ambrol. (Radar Lampung)

Konsultan Bina Marga Lampung Irfin Lubis menjelaskan, pihaknya akan melakukan pembangunan temporer setelah kendaraan dapat dievakuasi. Tujuannya, jalan bisa segera dilewati. ”Pekerja, alat, dan material telah kami siapkan. Kejadian ini bukan akibat jembatan rapuh, melainkan karena kendaraan overload melebihi kapasitas,” kata Irfin kepada Radar Lampung.

Karena jembatan tidak bisa dilalui, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo menyarankan pengendara melalui Jalan Lintas Tengah (Jalinteng). ”Perjalanan dari arah Sumatera Selatan menuju Lampung atau sebaliknya juga bisa melewati Kotabumi dan Way Kanan,” ujar Kapolres.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (muk/c19/ayi)