alexametrics

Wakapolri Klaim Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen

18 Juni 2018, 21:10:40 WIB

JawaPos.com – Puncak arus mudik 2018 telah berlalu. Bahkan sejumlah masyarakat saat ini satu persatu mulai kembali ke perantauan. Kendati demikian ada sejumlah pihak yang mengkritik arus mudik tahun ini karena masih mendapati kemacetan disejumlah titik.

Menanggapi hal itu Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin mengatakan mudik tahun ini diklaim lebih baik dibanding tahum sebelumnya. Sebab meski terjadi kemacetan dibeberapa lokasi, petugas tak butuh waktu lama untuk segera mengurainya. Pemandangan ini disebutnya tak terjadi di tahun lalu.

“Oh enggak, tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Buktinya macet bisa terurai dalam waktu sejam dan lebih baik dari tahun lalu,” ujar Syafruddin di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/6).

Wakapolri Klaim Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen
Wakapolri Komjen Syafruddin saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/9).

Syadruddin menerangkan, arus mudik tahun ini secara kualitas juga mengalami peningkatan. Menurut hitungan kalkulasi Polri, tingkat pengurangan kemacetan mencapai 60 persen.

“Arus mudik untuk tahun ini secara kualitas mengalami peningkatan cukup bagus, ada 60 persen pengurangan stagnansi,” terangnya.

Penurunan juga terjadi di kategori lain. Tingkat kecelakaan lalu lintas libir Idul Fitri 2018 diklaim turun hingga 30 persen.

Syafruddin menduga penurun itu terjadi karena banyaknya perbaikan infrastruktur. Seperti jalan tol untuk tahun ini bisa memcah kemacetan hingga wilayah Semarang.

Meski demikian Jenderal Polisi bintang 3 itu tetap menginstruksikan jajarannya supaya tidak jumawa. Sebab pekerjaan belum selesai. Arus balik masih menuntut kerja keras mereka.

“Saya himbau dan saya sampaikan kepada aparat jangan over confident tetap konsisten untuk arus balik,” pungkas Syafruddin.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Wakapolri Klaim Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen