alexametrics

Urai Kemacetan, Gerbang Tol Wilangan Buka 4 Lajur

18 Juni 2018, 17:22:38 WIB

JawaPos.com – Tol fungsional Kertosono-Wilangan di Kabupaten Nganjuk sudah dibuka dua arah nonstop sejak Minggu (17/6) kemarin. Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan di jalur arteri perempatan Mengkreng (perbatasan Jombang-Nganjuk-Kediri) dan Kertosono.

Akibat pemberlakuan dua arah, beberapa ruas tol fungsional Kertosono-Wilangan mengalami kemacetan. Terutama pada pada pintu masuk tol.

Berdasarkan pengamatan JawaPos.com, kemacetan tidak hanya terjadi di pada pintu Tol Bandar, Jombang menuju Madiun. Kepadatan kendaraan juga terjadi di pintu keluar Tol Wilangan. Bahkan antrean kendaraan hampir 2 kilometer dari pintu tol.

Untuk mengurai kemacetan, patugas Tol Wilangan membuka ruas tambahan pada sisi kiri. Dari semula hanya 3 jalur, kini menjadi 4 lajur. Para pengemudi pun dibantu melakukan transaksi tanpa menempelkan kartu e-Toll. “Sekarang buka empat lajur. Kalau hari biasa hanya tiga,” kata salah satu petugas pintu Tol Wilangan Rahmat kepada JawaPos.com, Senin (18/6).

Sementara kendaraan dari arah Madiun menuju Surabaya, volume masih terpantau lenggang. Tidak ada antrean kendaraan yang terlihat. Namun pada pintu masuk Tol Bandar, Jombang, antrean kendaraan kembali terjadi.

Seperti diketahui, kemacetan di Mengkreng dan Kertosono sudah berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Sebagai solusinya, arus lalu lintas tol fungsional Kertosono-Wilangan diubah.

Semula, tol fungsional tersebut hanya dibuka dari arah Barat ke Timur atau Wilangan ke Kertosono dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian dibuka dua arah selama 24 jam sejak Minggu (17/6) kemarin.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Urai Kemacetan, Gerbang Tol Wilangan Buka 4 Lajur