alexametrics

Pempek Ini Cetak Rekor Dunia

18 Juni 2018, 14:51:26 WIB

JawaPos.com – Alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15 Palembang membuat pempek lenggang terbesar. Makanan khas Palembang ini mampu mencetak rekor di Musium Rekor Indonesia (MURI) tingkat dunia.

Berdasarkan pantauan, pempek lenggang dibuat dengan ukuran 4×2 meter dan tebal 15,5 sentimeter. Pembuatannya menghabiskan 1,7 ton telur ayam, 170 kilogram ikan gabus, 170 kilogram tepung kanji, 14 kilogram gula, 150 kilogram arang dan daun pisang kepok khusus.

Proses pemanggangannya memakan waktu sekitar 5 jam. Pempek dipanggang menggunakan arang dengan alat berukuran 4×2 meter.

Pempek Terbesar
Penyerahan piagam MURI untuk pempek lenggang terbesar. (Alwi Alim/JawaPos.com)

Ketua Alumni SMPN 15 Palembang M Hartawan mengatakan, pihaknya sengaja memecahkan rekor MURI. Tujuannya untuk memperkenalkan ke seluruh dunia bahwa pempek lenggang milik Indonesia. Terutama Palembang.

“Jadi ini semacam kontribusi kami untuk dalam mempromosikan makanan khas daerah Palembang,” kata Hartawan saat ditemui usai pemberian piagam rekor MURI, Senin (18/6).

Selama ini, sudah banyak rekor MURI yang tercatat dari kuliner pempek. Namun belum ada pempek lenggang. Selain itu, orang juga kebanyakan hanya tahu kapal selam, lenjer, kulit, keriting, telur, tahu dan lain sebagainya. Padahal pempek lenggang juga unik didominasi telur dan aromanya khas.

Karena itu, Hartawan bersama rekannya memilih pempek lenggang untuk memecahkan rekor MURI. “Alhamdulillah, kami bersyukur bisa mencetak rekor MURI tingkat dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Manager MURI Andre Purwandono menambahkan, sejauh ini sudah banyak tercatat kuliner yang mampu memecahkan rekor dunia di Sumsel. Namun untuk pempek, yang mampu mencetak rekor hanya dua. Yakni Pempek Lenjer terpanjang dan Pempek Lenggang terbesar. “Jadi kegiatan yang dilakukan ini belum pernah dilakukan siapa pun,” ungkap Andre.

Pempek lenggang terbesar ini juga memecahkan rekor dunia. Mengingat makanan ini merupakan kebudayaan asli daerah. Pencetakan rekor ini bukan hanya ukuran. Tetapi juga kematangan dari pempek. Jika pempeknya tidak matang, tentunya gagal memecahkan rekor MURI.

“Tapi kami lihat tadi pempek lenggang terbesar ini matang dengan baik. Karena itu, kami berikan piagam penghargaan kepada alumni SMP Negeri 5 Palembang karena berhasil memasaknya,” tutur Andre.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (lim/JPC)

Pempek Ini Cetak Rekor Dunia