alexametrics

Arus Balik, PT KAI Daop 8 Sediakan 2 Kereta Tambahan

18 Juni 2018, 20:29:25 WIB

JawaPos.com – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyediakan dua kereta tambahan untuk arus balik. Kedua kereta tambahan itu yakni, KA Sembrani Lebaran dan KA Tambahan Premium. Saat ini, tiket kereta yang disediakan sebagai antisipasi arus balik tersebut masih tersedia.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan, KA Sembrani melayani perjalanan Surabaya ke Jakarta. Kereta tersebut memiliki kapasitas 350 seat (tempat duduk). Saat ini, tiket kereta tersebut baru terjual 50 persen atau setengahnya.

Situasi yang agak berbeda terjadi pada ketersediaan tempat duduk KA Tambahan Premium. Gatut mengungkapkan, kereta yang melayani perjalanan dari Surabaya ke Malang itu, memiliki kapasitas sebanyak 650 seat.

Arus Balik, PT KAI Daop 8 Sediakan 2 Kereta Tambahan
Dua petugas kereta api siap menyambut penumpang di Stasiun Gubeng Baru (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

“Saat ini, ketersediaan tiket kereta yang dioperasikan sejak dua hari lalu (16/6) itu sudah terjual sebanyak tujuh puluh lima persen. Meski demikian, masyarakat tidak terburu-buru,” ujarnya, Senin (18/6).

Selain dua KA tambahan itu, tambah Gatut, ada sebanyak 6 KA lain yang juga sudah dioperasikan sejak kemarin Sabtu (16/6) kemarin. “Tak perlu khawatir. Karena ketersediaan tiket masih banyak,” kata Gatut dihubungi JawaPos.com, Senin (18/6).

Gatut menjelaskan, jumlah penumpang yang berangkat dari wilayah KAI Daop 8 ke sejumlah kota di pulau Jawa sedikit lebih tinggi. Pihaknya mencatat, sebanyak 41.237 penumpang berangkat dari KAI Daop 8.

Lebih lanjut Gatut menerangkan, angka tersebut adalah puncak lonjakan arus balik. Lonjakan tersebut masih akan berlanjut hingga 25 Juni mendatang. Sedangkan, angka kedatangannya, hanya di kisaran 39 ribuan penumpang.

“Memang ada penurunan angka kedatangan penumpang ke stasiun wilayah Daop 8. Tapi angkanya diprediksi tidak akan terlalu jauh (signifikan),” jelasnya.

Sebagai informasi, tiket KA Sembarani Lebaran jurusan Surabaya ke Jakarta dibanderol Rp 375 ribu hingga Rp 485 ribu akan berubah usai lebaran nanti menjadi Rp 700 ribu. Kereta itu, berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 20.30 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 06.42 WIB. Sedangkan arah sebaliknya, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 14.45 WIB, lalu tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 01.02 WIB

Sementara, tiket kereta Tambahan Premium dijual seharga Rp 35 ribu. Kereta tersebut, berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 06.50 WIB hingga tiba di stasiun Malang pukul 08.50 WIB. Arah sebaliknya, kereta berangkat dari Stasiun Malang pukul 10.07 WIB hingga tiba di stasiun Surabaya Gubeng pukul 11.59 WIB.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Arus Balik, PT KAI Daop 8 Sediakan 2 Kereta Tambahan