alexametrics

Capaian Vaksinasi untuk Lansia di Solo Belum Sesuai Target

18 Mei 2021, 07:42:26 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Jawa Tengah, menyatakan, capaian vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia belum sesuai target. Ada sejumlah kendala, di antaranya sebagian warga takut menerima vaksin dan beralasan rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan.

”Sebetulnya secara total capaian vaksin, kami sampai saat ini sudah mencapai 116 persen, tetapi dari total ini untuk lansia masih 79 persen. Saat ini PR besar saya lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih seperti dilansir dari Antara di Solo.

Dia mengatakan, untuk kelompok lansia total sasaran di Kota Solo ada 75.000 orang. Saat ini, baru 39.000 orang yang sudah divaksin. Padahal targetnya sebanyak 49.000 lansia yang divaksin.

Menurut dia, angka itu masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi vaksin untuk petugas pelayanan publik yang sudah jauh melebihi target, yaitu 172 persen. Dari target 32.566 petugas pelayanan publik yang divaksin, realisasinya sudah mencapai 55.993 orang.

”Melihat angka ini artinya saya mohon kerja sama dari semuanya, masyarakat yang punya orang tua atau si mbah (kakek nenek) agar diantar ke puskesmas. Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Wali (Wali Kota Surakarta) kalau saya akan mendekat,” terang Siti Wahyuningsih.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads