alexametrics

Kementerian PUPR Sebut Penataan Benteng Pendem Dorong Pariwisata Jatim

18 April 2022, 11:07:05 WIB

JawaPos.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, penataan kawasan cagar budaya Benteng Van Den Bosch atau lebih dikenal dengan Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi untuk mendorong pariwisata di Jawa Timur.

”Kawasan Benteng Pendem ini merupakan cagar budaya. Sehingga, penataannya harus dilakukan secara hati-hati agar nilai kulturalnya tetap terjaga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dilansir dari Antara, Senin (18/4).

Menteri Basuki menginstruksikan untuk memperbanyak penghijauan di kawasan Benteng Pendem agar tidak terlihat gersang. Konsep revitalisasi Benteng Pendem disesuaikan dengan fungsi kawasan sebagai tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal.

Dia menjelaskan, rehabilitasi kawasan pusaka Benteng Pendem dilaksanakan dengan mengadopsi Adaptive Reuse Concept. Yakni, mengembalikan fungsi bangunan cagar budaya dengan fungsi baru serta seminimal mungkin mengubah bentuk bangunan lama dengan tetap menjaga nilai kultural (cultural significance).

”Prinsipnya tetap mempertahankan konsep bangunan lama dan dilakukan penguatan struktur dengan menggunakan konstruksi baja di bagian dalam,” tutur Basuki Hadimuljono.

Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi mulai dikerjakan sejak 10 Desember 2020 melibatkan Balai Pelestari Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur. Pekerjaan dilaksanakan kontraktor PT Nindya Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 113,7 miliar untuk merehabilitasi 13 bangunan di dalam kompleks Benteng serta penataan kawasan inti benteng.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads