alexametrics

Viral Kotak Suara Tak Tersegel, Berikut Penjelasan KPU Makassar

18 April 2019, 19:33:19 WIB

JawaPos.com – Masyarakat di Kota Makassar dihebohkan dengan viralnya sebuah video terkait tumpukan kotak suara Pemilu 2019 yang diduga ditemukan di dalam sebuah gudang. Terlebih dalam video yang tersebar luas itu, terdapat adanya kotak suara yang tidak tersegel.

“Saya berada di suatu tempat di Makassar. Ini kotak-kotak suara tidak berada di kecamatan, dari TPS dibawa ke tempat ini yang tidak diketahui apa wewenangnya,” kata seorang lelaki yang menemukan kotak suara dan berada dalam rekaman video tersebut.

Ia bahkan sempat menunjukkan kotak suara yang tidak tersegel. Ia juga menyebut kemungkinan masih banyak tempat seperti itu yang ada di Makassar. Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar pun buka suara.

“Itu gedung disewa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena tidak ada lagi gudang di kecamatan yang bisa menampung logistik pemilu. Apalagi saat ini semua serentak, tidak seperti pilkada lalu jadi semua bisa ditampung. Bahkan gedung KPU saja sudah tidak sanggup menampung semua,” kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar, saat ditemui di kantornya, Kamis (18/4).

Gunawan menjelaskan bahwa gudang tersebut telah disewa oleh kecamatan untuk menyimpan kotak suara. Banyaknya logistik pemilu yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar mengharuskan logistik yang telah digunakan ditampung sementara di gudang sewaan.

“Jadi lokasinya memang resmi disewa dan itu steril dan dijaga dalam proses penyimpanannya. Saya pikir, mungkin bukanya hanya di sini tapi bisa jadi di luar juga akan seperti itu. Tergantung apakah tempat itu mampu menampung atau tidak. Kalau tidak, pasti dicarikan solusi untuk ditampung,” terangnya.

Menyoal, kotak suara yang tidak tersegel, Gunawan tak menampik jika terdapat sedikit kelalaian teknis dari penyelenggara tingkat kecamatan. Komisioner Divisi Teknis Penyelengaraan Pemilu KPU ini bahkan telah memberikan teguran kepada jajarannya. Kalau itu memang murni kelalaian.

“Kita sudah ingatkan juga supaya bisa lebih teliti. Kita juga sudah tingkatkan keamanan untuk berjaga di sana,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Sahrul Ramadan