alexametrics

Tak Cuma di Jogja, Hujan Seharian Juga Sebabkan Banjir di Purworejo

18 Maret 2019, 19:06:26 WIB

JawaPos.com – Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terendam air. Peristiwa ini terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi turun selama hampir seharian penuh sejak Minggu (17/3) pagi.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sudaryanto menyebut, keempat kecamatan itu adalah Bagelen, Bayat, Purwodadi, dan Purworejo. “Terutama yang berbatasan dengan Jogja ya. Untuk di (Kecamatan) Purworejo, tidak terlalu tinggi,” katanya saat dihubungi, Senin (18/3).

Sudaryanto menjelaskan, banjir ini disebabkan karena adanya hujan luar biasa deras yang menghujani sejumlah kawasan di Kabupaten Purworejo dan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). “Sungai-sungai meluap, seperti Bogowonto. Longsor kecil-kecil juga ada di daerah Kaligesing,” tambahnya.

Bahkan, kata Sudaryanto, air di sungai-sungai itu saat setelah didera hujan lebat seharian, tingginya sudah menyamai daratan. Musababnya, sungai-sungai itu telah mengalami sedimentasi. 

“Ini sedang dikoordansikan dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) yang ada di Serayu Opak yang ada di Jogja. Tadi sudah ditelepon Pak Sekda (Sekda Jateng, Sri Puryono), segera akan ditangani,” katanya lagi.

Mengenai jumlah rumah terdampak banjir ini, Sudaryanto menyebut jumlahnya lumayan. Tapi, katanya, yang paling banyak ada di Kecamatan Purwodadi. “Semula satu meter, tapi ini sudah surut. Kami bersama relawan terus mengirimkan logistik,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Tak Cuma di Jogja, Hujan Seharian Juga Sebabkan Banjir di Purworejo