alexametrics

Rekonstruksi Tewasnya Taruna ATKP Peragakan 47 Adegan

18 Maret 2019, 17:29:16 WIB

JawaPos.com – Pemeriksaan kasus tewasnya taruna tingkat I Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar Aldama Putra Pongkala terus berlanjut. Kini, tim penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar menggelar rekonstruksi. Kegiatan berlangsung di Kampus ATKP, Jalan Salodong, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Senin (18/3).

“Kami skenariokan ada 47 (adegan). Tapi kami tetap melihat perkembangan di lapangan. Kemungkinan bisa kurang bisa juga bertambah,” kata Kepala Satreskrim Polrestabes AKBP Indratmoko di sela-sela proses rekonstuksi.

Rekonstruksi digelar untuk mengungkap fakta-fakta baru dalam proses atau rangkaian dari awal hingga akhir perjalanan perkara. Di dalamnya termasuk merangkaikan keterangan dari 24 saksi yang telah diambil keterangannya di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Terlebih hasil otopsi, di tubuh korban terdapat sejumlah luka memar. Khusus bagian dada dan muka akibat hantaman benda tumpul. “Sementara kami pelajari. Karena kemarin (pemeriksaan) kami fokus sama kejadian korban mengalami penganiayaan. Makanya tadi kami mulai dengan rangkaian awal korban datang ke kampus. Kemudian rangkaian-rangkaian itu kami perdalam,” jelas Indratmoko.

Dalam rekonstruksi, terdapat sejumlah saksi yang dihadirkan tanpa melalui proses BAP. Saksi yang dihadirkan umumnya taruna dan taruni tingkat II ATKP Makassar atau setingkat dengan tersangka utama M Rusdi.

“Ada beberapa yang miss kemarin (pemeriksaan). Makanya kami lihat kondisi nyata di lapangan. Seperti kemarin yang kami periksa di BAP masih mengawang-ngawang. Jadi ini kondisi nyata. Kami lihat siapa yang ada di situ saat kejadian. Dari temuan itulah yang nanti kami kembangkan,” ungkapnya.

Rekonstruksi digelar di sela-sela proses belajar mengajar di dalam kampus naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut. Direktur ATKP Makassar Ahmad Setiyo memastikan, kegiatan tak mengganggu aktifitas belajar taruna-taruni.

ATKP Makassar mendukung penuh upaya pengungkapan untuk menemukan fakta-fakta baru dalam perkara. “Kami sudah atur semua. Ada jadwal taruna yang belajar tetap masuk ke kelas. Kemudian pada saat dimintai keterangan, kami akan panggil. Jadi dengan koordinasi, kami tidak mengganggu prosesnya,” imbuhnya.

ATKP menunggu hasil pendalam dari rekonstruksi. Jika ditemukan fakta-fakta lain, pihak kampus akan kooperatif untuk memenuhi pemanggilan pemeriksaan lanjutan.

“Kami siap kalau memang data ditemukan dan mau dikombinasikan dengan pihak kepolisian. Kami juga masih menunggu nanti hasil penyelidikan rekonstruksi ini seperti apa,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Rekonstruksi Tewasnya Taruna ATKP Peragakan 47 Adegan