alexametrics

Nihil, SPKT Online Polres Tanjung Perak Belum Layani Laporan Kejahatan

18 Maret 2019, 16:23:32 WIB

JawaPos.com – Polres Pelabuhan Tanjung Perak telah merilis Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Online sejak sebulan lalu, atau tepatnya pada 6 Februari 2019. Selama sebulan, sudah 40 laporan kehilangan yang masuk ke Polres Tanjung Perak. 

Mayoritas, berupa laporan kehilangan dokumen kependudukan. Antara lain, KTP, kartu ATM, SIM, dan buku tabungan. Namun, belum ada laporan tindak kriminal yang masuk SPKT Online. 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan SPKT Online belum melayani laporan tindak kriminial. Sebab, mayoritas laporan masih mencakup urusan dokumen kependudukan. 

“Kami baru melayani kehilangan surat. Misalnya KTP, kartu ATM, dan buku tabungan. Kami layani mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB,” kata Antonius kepada wartawan, Senin (18/3). 

Alasan lain, baru 4 personel yang bersiaga dan melayani warga di 4 zona. Per zona, mencakup 5 kelurahan di wilayah Surabaya Utara. 

Meski demikian, dirinya berjanji akan menambah layanan pada SPKT Online. Antonius mengatakan, sudah menyiapkan anggaran untuk itu. Begitupula soal personel yang juga akan bertambah. “Ke depan, kami akan terima kasus LP (laporan kriminal). LP akan kami utamakan. Tapi, butuh dikusi yang tidak bisa sebentar, kami layani urusan kehilangan (dokumen) dahulu,” kata Antonius. 

Untuk itu, Antonius berencana akan menambah personelnya. Dia juga menyatakan siap dengan kebutuhan anggarannya. Dia mengatakan, layanan SPKT online yang sekarang, sudah ada anggarannya. 

“Kami masih terbatas. Tapi (SPKT Online) ini gratis karena ada anggarannya. (Anggarannya) masuk anggaran quick respons. Jadi, nanti kami anggarkan,” pungkasnya

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor :

Nihil, SPKT Online Polres Tanjung Perak Belum Layani Laporan Kejahatan