alexametrics

Bea Cukai Juanda Gagalkan Dua Penyelundupan Sabu Diduga dari Malaysia

18 Maret 2019, 17:08:22 WIB

JawaPos.com – Peredaran narkoba asal Malaysia kembali terjadi. Terbukti, kantor Bea dan Cukai (KPPBC) Juanda menangkap seorang pengedar narkoba asal Malaysia bernama Fakaruddin, 31. 

Petugas berhasil meringkusnya pada Kamis (7/3) lalu setelah mencoba menyelundupkan 1 kg sabu-sabu di dalam speaker box. Mudah bagi petugas meringkus Fakaruddin saat benda haram tersebut terlihat di layar x-ray. 

Kepala Bea dan Cukai Bandara Juanda Budi Harjanto mengatakan, tak hanya bahan speaker-nya, ukurannya juga mencurigakan. Budi mengira, ukurannya terlalu besar untuk dibawa satu orang. 

Barang Haram
Meski demikian, dari hasil interogasi awal, kedua tersangka tidak saling mengenal. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

“Ukuran speaker-nya, aneh. Ada apa? Nah setelah kami periksa, memang ada yang mencurigakan. Lalu kami bongkar dan akhirnya menemukan sabu-sabu itu,” kata Budi kepada JawaPos.com, Senin (18/3). 

Setelah mendapat temuan narkoba sebanyak itu, petugas Bea Cukai langsung mengamankan Fakaruddin dan barang buktinya. Besoknya (8/3), petugas kembali menangkap pengedar sabu-sabu. 

Tersangka bernama Juhar, 28, TKI di Malaysia asal Bangkalan, Madura. Juhar paham jika pemeriksaan di bandara terhadap orang, tidak akan menggunakan x-ray. 

Untuk itu, Juhar nekat menyembunyikan sabu-sabu seberat 160 gram ke dalam duburnya. Meski tidak terdeteksi metal detektor sekalipun, petugas tetap dapat mengendus kejanggalan dari tingkah laku Juhar. “Kalau (penyelundup sabu-sabu) yang di dalam dubur, atas dasar profiling yang kami lakukan. Yakni, dengan gerak tubuh. Kok, sepertinya aneh juga,” kata Budi. 

Meski demikian, dari hasil interogasi awal, kedua tersangka tidak saling mengenal. Budi menyatakan bahwa dua tangkapan itu merupakan kasus yang berbeda. “Case-nya berbeda. Memang, sama-sama dari Malaysia. Tapi, kami belum menemukan adanya indikasi keterkaitan antara Juhar dan Fakaruddin,” tuturnya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor :

Bea Cukai Juanda Gagalkan Dua Penyelundupan Sabu Diduga dari Malaysia