alexametrics

Banjir Purworejo, Pengungsi Masih Terus Bertambah

Tembus 1.500 Orang
18 Maret 2019, 19:30:46 WIB

JawaPos.com – Jumlah pengungsi korban banjir di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dilaporkan masih terus bertambah. Hingga Senin (18/3) sore, angka orang yang menyelamatkan diri dari rendaman air mencapai 1.500 lebih.

“Pengungsi, tadi pagi laporannya 1.004 orang. Agak siang jadi 1.099 dan sekarang 1.600 orang,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sudaryanto saat dihubungi, Senin (18/3).

Kebanyakan dari mereka, menurutnya, berasal dari empat kecamatan di Purworejo yang terdampak banjir. Yakni, Bagelen, Bayat, Purwodadi, dan Purworejo. Meski air di lokasi-lokasi tersebut mulai surut dari yang tadinya setinggi satu meteran.

“Kami sudah mengirimkan logistik. Ada beras, ada minyak, mi instan, air mineral. Logisitik langsung sampai kemarin, begitu peristiwa terjadi. Termasuk sarden atau makanan kalengan lainnya,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, tak kurang dari empat kecamatan di Kabupaten Purworejo terendam banjir sejak Minggu (17/3) malam. Diakibatkan karena hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur daerah tersebut sejak pagi.

Hujan yang ekstra lebat dan lama ini, menurut Sudaryanto, juga sempat membuat sejumlah sungai meluap. Bahkan memutus akses antara Jogjakarta-Purworejo, tepatnya di Bagelen. “Karena terendam air, satu meter. Mobil yang lewat pada mogok, tapi sudah surut sekarang,” ungkapnya.

Sudaryanto memprediksi banjir bakalan surut total jika hujan dalam jangka waktu ini tidak turun di daerah tersebut. Kalau sebaliknya, banjir diperkirakan makin lama surutnya. “Karena ini masih mendung juga,” tambahnya.

Lebih jauh, ia mengimbau para warga setempat untuk menjaga kebersihan lingkungannya, terutama pada saluran air atau selokan. Selain untuk mempercepat surutnya air, juga agar tak terulang lagi peristiwa ini ke depannya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Banjir Purworejo, Pengungsi Masih Terus Bertambah