alexametrics

ACT DIJ Kirim Tim Bantu Korban Bencana di Bantul

18 Maret 2019, 23:23:40 WIB

JawaPos.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menerjunkan tim Disaster Emergency Response (DER) dalam membantu penanganan bencana banjir serta tanah longsor di Kabupaten Bantul, Senin (18/3). Tim disebar ke beberapa titik, termasuk evakuasi 2 korban yang masih tertimbun longsor di Dusun Kedung Buweng, RT 2, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri.

“Pagi tadi, tim DER-ACT DIJ dan MRI gelombang kedua juga dikirim ke tujuh titik di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul untuk membantu evakuasi longsor,” kata Kepala Cabang ACT DIJ Bagus Suryanto, dikutip dari situs resminya, Senin (18/3).

Haidar, Komandan MRI untuk evakuasi banjir Bantul menambahkan, selain evakuasi 2 warga yang masih tertimbun longsor di Dusun Kedung Buweng, sebanyak 15 anggota tim juga melakukan gotong royong untuk pembersihan jalan-jalan.

Bahkan, beberapa akses jalan lumpuh sehingga tim mesti membuka jalan darurat untuk mempermudahnya. “Menggunakan alat-alat berat untuk membuka akses jalan darurat, juga menggunakan alat-alat sederhana lainnya,” katanya.

Sementara itu Tedjo, salah seorang personel DER-ACT DIJ yang ikut turun ke lapangan menjelaskan, sebuah rumah di Desa Wukirsari dan beberapa fasilitas umum lainnya ikut terkena dampak dari banjir. “Ada yang rusak seperti jembatan yang jebol, kalau banjir sendiri berangsur-angsur sudah mulai surut,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto menambahkan, untuk proses pencarian korban yang masih tertimbun longsor yakni Rufi Kusuma Putri, 9; dan Eko Supatmi, 50, warga Dusun Kedung Buweng, RT 2, akan dilanjutkan pada Selasa (19/3) pagi. Setelah dilakukan pencarian selama Senin (18/3) tanpa menemui hasil. “Dilanjutkan besok pagi, pukul 08.00 WIB sudah mulai,” katanya.

Selain 2 korban yang masih tertimbun, juga ada korban lain yang telah dinyatakan tewas yakni Painem, 70, Dusun Numpukan, Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, karena banjir. Kemudian juga Sujiatmoko, 89, warga Dusun Kedung Buweng, RT 2, Desa Wukirsari akibat longsor.

Selain itu juga ada korban lain atas nama Sukiyat, 56, warga Dusun Nogosari 2, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Ia diketahui hanyut saat berada di pos ronda dan baru ditemukan pada Senin (18/3) siang. “Baru ditemukan siang tadi di sekitar lokasi pos ronda,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

ACT DIJ Kirim Tim Bantu Korban Bencana di Bantul