alexametrics

68 Ribu Surat Suara di Inhu Tak Bisa Dipakai

18 Maret 2019, 21:28:45 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 68 ribu surat suara DPRD Dapil 4 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dipastikan tak bisa digunakan. Kerusakan pada puluhan ribu surat suara itu dikarenakan, ada nama calon legislatif (caleg) yang ganda.

Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Inhu Ahmad Khaerudin mengatakan, surat suara yang terdapat kegandaan nama calon caleg ditemukan saat pelipatan surat suara.”Kegandaan nama caleg di surat suara DPRD Dapil empat dari partai Garuda dengan nomor urut lima dan enam. Nomor lima nama Akwilla Yohana dan enam dari Gerindra atas nama Sahid,” katanya, Senin (18/3).

Pengawasan kegiatan pelipatan surat suara kata Ahmad, telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PerBawaslu Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengawasan Logistik. Di mana, Bawaslu Inhu melakukan pengawasan melekat dalam tahap pelipatan Surat suara.

68 Ribu Surat Suara di Inhu Tak Bisa Dipakai
Kegiatan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Inhu, Jalan Raya Pekan Heran Km 4, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat. (Istimewa)

Kegiatan pelipatan surat suara ini sendiri, dilakukan di gudang logistik KPU Inhu, Jalan Raya Pekan Heran Km 4, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Hal ini, membuat kaget pihak KPU Inhu. Sebab, sudah 88 kotak atau 44 ribu surat suara yang dilipat. Tetapi oleh Bawaslu Inhu kegiatan pelipatan surat suara itu direkomendasikan untuk dihentikan.

Pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Inhu, melibatkan sebanyak 300 orang yang dibagi dalam 2 shift. Di mana 1 shiftnya terdiri dari 150 orang.

“Kita sudah koordinasikan kepada KPU Kabupaten Inhu untuk menyampaikan hasil temuan ini ke KPU Provinsi Riau, agar secepatnya dapat mengirimkan surat suara penggantinya,” sebutnya.

Ahmad berharap, Pihak KPU sesegera mungkin memproses dan mengirimkan surat suara penggantinya, mengingat kurang lebih 30 hari lagi adalah waktu pencoblosan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya



Close Ads
68 Ribu Surat Suara di Inhu Tak Bisa Dipakai