JawaPos Radar

DPS Pilgub Sumsel Capai 5,7 Juta Pemilih

18/03/2018, 22:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Komisioner KPU Sumsel
Jajaran KPU Sumsel dan Bawaslu Sumsel (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018 yakni sebanyak 5.713.765 pemilih.

Adapun potensi pemilih non Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yakni sebanyak 402.416 orang.

Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi mengakui 402.416 orang ini berdasarkan data yang masuk dalam Formulir A.C.3-KWK. Ia tidak mengetahui pasti penyebabnya. Namun, salah satunya yakni pemilih belum menerima KTP-el lantaran dalam proses pembuatan di instansi terkait yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumsel.

Jika nantinya belum dikeluarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka pemilih ini harus menyertakan Surat Keterangan (Suket) agar dapat memilih.

"Data ini akan kami turunkan ke Kabupaten/Kota dan akan diumumkan untuk meminta tanggapan dari masyarakat," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (18/3).

Ia mengaku jumlah DPS ini nantinya akan terus bertambah menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 21 April mendatang.

Penambahan DPS ini berasal dari jumlah pemilih non KTP-el yang sudah keluar NIK-nya, dan dapat juga berasal dari pemilih ber KTP-el tapi pada masa coklit belum tercoklit serta pemilih pemula.

Dirinya berharap kepada Bawaslu Sumsel dan seluruh tim paslon untuk ikut mendorong para pemilih yang telah memenuhi syarat untuk memilih namun belum terdaftar agar secepatnya melaporkan kepada RT, RW dan PPS setempat.

"Nantinya data baru ini dapat dimasukkan ke dalam DPS hasil perbaikan," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up