alexametrics
Debat Kedua Tidak Banyak Mengubah Swing Voter

Pakar Komunikasi Unair: Jokowi dan Prabowo Masih Main Aman

18 Februari 2019, 09:15:32 WIB

JawaPos.com- Debat kedua Pilpres 2019 telah berlangsung kemarin malam (17/2). Di mata pakar komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo, debat yang mengambil tema ‘Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup’ itu berlangsung kurang greget.

Suko menilai, baik capres nomor urut 01 Joko Widodo maupun capres 02 Prabowo Subianto, tampak berhati-hati dalam berdebat.

”Kalau ibarat main sepak bola, keduanya (Jokowi dan Prabowo, Red) masih main aman dan takut kepleset,” tutur Suko, Senin pagi (18/2).

Lantaran kedua capres sama-sama berhati-hati dalam mengutarkan visi dan misinya, penonton debat jadi lebih cepat bosan. Suko punya saran bagaimana seharusnya Jokowi dan Prabowo bisa lebih menjual melalui debat.

”Harusnya kedua capres lebih berani. Dalam artian, berani memilih kalimat yang bisa membangkitkan pemilih,” imbuhnya.

Dia juga mengkritisi penjelasan kedua capres yang menggunakan bahasa asing. Menurutnya, yang paling penting dalam debat adalah menyampaikan pesan yang mudah dimengerti oleh masyarakat.

”Nah, siapa yang bisa membawakan misi yang menyentuh kepentingan banyak orang akan memenangkan opini. Lebih dari itu, diksi yang dipilih harusnya juga dengan bahasa yang mudah dicerna masyarakat,” lanjut Suko.

Oleh sebab itu, Suko berharap pada debat selanjutnya, kedua paslon bisa harus bisa lebih membawakan materi yang menyentuh kebutuhan masyarakat. ”Dengan kata lain, semestinya materi bisa berkaitan langsung dengan kepentingan kepentingan banyak orang,” ungkapnya.

Suko menganalisis, debat kedua semalam tidak akan banyak mengubah dukungan swing voter atau suara mengambang. ”Tidak akan banyak berubah. Mungkin kedua capres masih menyimpan energi sampai 17 April nanti. Sehingga keduanya sangat berhati-hati,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pakar Komunikasi Unair: Jokowi dan Prabowo Masih Main Aman