alexametrics

Bawa Sabu Dua Kilogram, Pegawai Toko Kue di Medan Ditangkap

18 Februari 2019, 22:02:24 WIB

JawaPos.com – Zulbiadi alias Dobi, 26, berhasil  ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel. Pelaku diketahui menyelundupkan sabu seberat 2 kilogram dari Medan ke Palembang menggunakan bus.

Dobi yang bekerja sebagai pegawai toko kue di Medan nekat menyelundupkan sabu lantaran diupah sebesar Rp 6 juta untuk satu kali mengantar barang.

Kepala BNN Sumsel, Brigjen Pol Turman Panjaitan mengatakan penangkapan tersangka berdasarkan informasi dari rekannya yang lebih dulu tertangkap yakni H, HI, dan S. Ketiga rekannya ini ditangkap dengan barang bukti 19.100 butir ekstasi.

Dari informasi ketiga rekannya, bahwa tersangka ini ke Palembang menggunakan bus. Sehingga, pihaknya melakukan razia bus di kawasan Betung Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Minggu (17/2).

“Kami berhasil menangkap tersangka di dalam bus jurusan Medan-Palembang. Namun, kami tidak mendapatkan barang bukti,” katanya saat memberikan keterangan pers, Senin (18/2).

Pihaknya pun melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Hingga, akhirnya tersangka mengakui bahwa dirinya telah menitipkan sabu di Jalan Soekarno Hatta tepatnya di loket bus.

Pihaknya pun kemudian mendatangi loket dan mendapatkan barang bukti berupa sabu seberat 2 kilogram.

Saat ini, pihaknya masih mengejar satu pelaku lagi yang masih buron yakni Andi. Diduga, pelaku ini sebagai bandar besar dan juga otak dari pelaku penyelundupan sabu tersebut.

“Atas perbuatannya, tersangka diancam hukuman pidana penjara seumur hidup atau hukuman mati,” tutupnya.

Sementara itu, Zulbiadi mengatakan, dirinya rela menyelundupkan narkoba ini karena disuruh Andi dengan upah sebesar Rp 6 juta.

“Andi ini sejak beberapa bulan terakhir selalu menemui saya di toko kue di Medan,” katanya.
Ia mengaku saat mengantarkan barang dirinya tidak mengetahui jika barang tersebut sabu. Namun, sesampainya di Palembang barulah dirinya diberitahu jika isi tas tersebut merupakan sabu.
Kemudian, dirinya diminta untuk menitipkan ke loket yang nantinya akan diambil seseorang. Ia pun rencananya akan kembali ke Medan. Namun, dirinya justru ditangkap saat razia di jalan.
“Saya benar-benar tidak tahu kalau itu sabu pak,” singkatnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim



Close Ads
Bawa Sabu Dua Kilogram, Pegawai Toko Kue di Medan Ditangkap