alexametrics

23 Februari Tes PPPK Dimulai, BKD Kejar Verifikasi Data

18 Februari 2019, 17:36:58 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tengah mengejar verifikasi data pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pasalnya, verifikasi ini harus selesai sebelum dilakukan tes yang dijadwalkan 23 Februari mendatang.

“Waktu verifikasi ini sangat singkat, tapi kami optimis mampu menyelesaikan,” kata Kepala Bidang Pembinaan Kepegawain Sumsel, Timan, saat dihubungi, Senin (18/2).

Ia mengaku memang penerimaan P3K ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana memang sejak awal terkesan tergesa-gesa.
Seperti contoh, pada tanggal 6 Februari pihaknya menerima surat untuk mengajukan formasi P3K. Dimana, paling lambat pengajuan tersebut tanggal 7 Februari.

Termasuk, menyiapkan anggaran masing-masing. Padahal, anggaran 2019 sudah berjalan dan ketok palu.

Karena itu, pihaknya mengajukan formasi sesuai dengan database KemenPAN. Formasi yang diajukan yakni sebanyak 163 formasi dengan rincian 162 formasi guru dan satu formasi penyuluh.

“Waktunya sangat singkat dan mendesak, sehingga kami yang di daerah sangat tergopoh-gopoh. Tapi, kami harus tetap nurut kepada pusat,” terangnya.

Sembari berjalannya waktu nantinya akan dievaluasi lagi formasi tersebut. Namun, untuk saat ini formasi yang diberikan hanya 163 honorer K2.

Artinya, bisa saja nantinya formasi ini bertambah dan berkurang. Namun, untuk saat ini formasi tersebut harus tetap menjalankan tes mendatang.

Tes yang akan dijalani para peserta P3K ini ada dua yakni tes kompetensi dan wawancara. Dimana, kedua tes ini dilakukan dengan sistem CAT.

PPPK sendiri sama seperti ASN dimana mereka menerima gaji yang sama hanya saja tidak mendapatkan pensiunan.

“P3K ini bagian dari ASN. Jadi haknya sama hanya saja tidak mendapatkan pensiunan,” tutupnya.mm 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim


Close Ads
23 Februari Tes PPPK Dimulai, BKD Kejar Verifikasi Data