alexametrics

Polda Jateng Ungkap Dua Penipuan Arisan Daring

18 Januari 2022, 16:22:54 WIB

JawaPos.com–Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah mengungkap dua tindak pidana penipuan dengan modus arisan daring di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Kerugian korban mencapai miliaran rupiah.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah Kombespol Johanson Ronald Simamora mengatakan, dua pelaku yang masing-masing merupakan bandar arisan bermasalah tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. Pada pengungkapan di Kabupaten Demak, polisi menangkap TVL yang merupakan bandar arisan dengan korban 169 orang.

”Untuk pelaku ini, korbannya dari berbagai daerah di Indonesia dengan besaran kerugian mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1 miliar,” kata Johanson Ronald Simamora seperti dilansir dari Antara di Semarang pada Selasa (18/1).

Menurut dia, total kerugian yang diderita para korban arisan daring itu mencapai Rp 3 miliar.

Sementara itu, untuk pengungkapan di Kota Semarang, lanjut Johanson Ronald Simamora, petugas menangkap seorang bandar arisan berinisial IN. Dari arisan yang dikendalikan IN tersebut terdapat 14 korban yang total kerugiannya mencapai Rp 1 miliar.

”Modus kedua arisan ini sama. Yakni menjanjikan sejumlah uang bagi peserta arisan, namun ketika saat jatuh tempo tidak dibayarkan,” terang Johanson Ronald Simamora.

Kedua pelaku selanjutnya dijerat dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads