alexametrics

Penertiban PKL di Tanah Abang Ricuh, Anies: yang Langgar Lebih Galak

18 Januari 2019, 10:26:57 WIB

JawaPos.com – Ricuhnya penertiban PKL di Tanah Abang berbuntut panjang karena diduga keributan tersebut diprovokasi oleh beberapa pihak. Bahkan kepolisian nyatanya telah menangkap 3 pelaku yang diduga sebagai provokator.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat, sudah seharusnya semua pihak menjaga ketertiban. Namun terkadang menurut mantan Menteri Pendidikan itu, si pelanggar justru lebih galak dari petugas.

“Yang melanggar itu yang seringnya lebih galak, daripada yang mau menertibkan. Nah di sini memang sering kali fenomena yang dihadapi oleh petugas kami di lapangan,” jelas Anies Jumat (18/1).

Anies pun meminta agar aparat Satpol PP dapat terus bersabar atas tugas yang dihadapi. Sebab, tugas yang diemban para petugas Satpol PP adalah tugas mulia dan penting yaitu menjaga ketertiban.

“Saya minta kepada semua hargai mereka yang bertugas. Marah kan malah jadi masalah, sekarang dengan sudah adanya kejadian pelemparan pemukulan maka ini sudah menjadi peristiwa hukum yang sudah ditangani juga oleh kepolisian,” jelasnya.

Anies mengandaikan coba tidak ada adegan pelemparan dan perusakan maka tidak terjadi sampai ke proses hukum. Dirinya menyatakan akan terus monitor, tapi yang pasti di Tanah Abang pihaknya akan disiplin.

“Kami menghargai kesepakatan yang sudah ada dan saya berharap semua pihak jangan merusak kesepakatan itu karena kalau tidak ya akan muncul masalah baru,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Penertiban PKL di Tanah Abang Ricuh, Anies: yang Langgar Lebih Galak