alexametrics

KPU Jateng Tunggu Laporan Caleg yang Lolos Tes CPNS

18 Januari 2019, 19:20:16 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menunggu para calon legislatif di wilayahnya yang lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk segera melapor. Dengan begitu, bisa segera dicoret dari daftar calon tetap (DCT).

Komisioner KPU Jateng Divisi Perencanaan dan Logistik, Ikhwanudin mengatakan siapa pun calon legislatif yang lolos tes CPNS diminta langsung melapor saat lebih memilih jadi pegawai pemerintahan. “(Lapor) sejak dia diterima jadi PNS,” katanya saat dihubungi, Jumat (17/1).

Sebenarnya, para caleg yang telah masuk ke DCT sudah tidak bisa diganti atau mengundurkan diri lagi. Agar bisa dicoret dari daftar, mereka harus mundur dari parpol masing-masing supaya gugur salah satu persyaratannya.

“Kalau dia memilih CPNS-nya, dia harus mundur dari keanggotaan parpol dan akan dicoret dari daftar calon tetap. Tapi kalau tetap mencalonkan sebagai caleg harus mundur dari CPNS-nya,” katanya lagi.

Kendati demikian, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan soal calon legislatif tingkat provinsi yang mundur karena lolos tes CPNS. Tapi, KPU Jateng tetap akan menunggu jika benar ada.

Hal serupa juga dikatakan Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom. Katanya, sampai saat ini pihaknya belum menerima permohonan undur diri oleh caleg DPRD. Baik melalui lisan maupun secara resmi.

“Sejauh ini belum, mas. Kalau ada, tentunya harus melapor saat sebelum pemberkasan CPNS,” imbuhnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

KPU Jateng Tunggu Laporan Caleg yang Lolos Tes CPNS