alexametrics
Debat Capres Perdana 2019

Kedua Paslon Masih Jaim, Ganjar: Pak Jokowi Agak Lebih Berani Ya

18 Januari 2019, 04:22:00 WIB

JawaPos.com – Debat Perdana Pilpres 2019 mempertemukan kedua paslon baru saja usai. Keseruan adu visi-misi serta gagasan ini bagaimanapun sempat disiarkan dan disaksikan seluruhnya oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Saya nonton langsung dan mengikuti suara netizen, wah serunya minta ampun. Saya menuliskan beberapa quote yang ada di situ dan responsnya luar biasa. Mudah-mudahan semua belajar dan mengikuti terus perdebatannya,” kata Ganjar saat ikut nobar debat Pilpres di sebuah kafe di Kabupaten Pemalang, Kamis (17/1) malam.

Meski begitu, tetap saja Ganjar memiliki penilaian pribadi soal debat yang baru saja ia tonton. Menurutnya, kedua paslon masih sedikit jaim meski sekali-dua kali ‘mencolek’ satu sama lain. “Pak Jokowi agak lebih berani ya sekarang, dengan colekan-colekan yang mencubit begitu,” ucapnya.

Ganjar Pranowo
Ganjar sewaktu mengikuti nobar debat Pilpres di Pemalang, Kamis (17/1) malam. (Istimewa)

Soal penampilan Prabowo, Ganjar juga punya pandangan sendiri. Ia menerangkan jika pasangan Sandiaga Uno itu memiliki impian serta konsepsi cukup besar dan sedang mendorong kepada publik supaya dipahami.

“Maka kenapa saya berharap akan lebih baik kalau data disampaikan dalam debat, sehingga semua akan terukur. Sebab kalau tidak, maka debat sifatnya akan sangat kualitatif dan akan dibantah dengan pernyataan kualitatif lagi. Maka semuanya akan sulit untuk mencari bukti-bukti yang pernah terjadi sebagai sebuah ini keberhasilan, ini memungkinkan dan ini terukur apa tidak,” terangnya.

Terlepas dari itu semua, Ganjar berharap debat selanjutnya bakal lebih menarik. “Alangkah lebih baik jika kedua pasangan menampilkan data. Sehingga basis perdebatan adalah data dan fakta yang benar,” imbuhnya.

Jika itu terealisasi, maka publik bisa melihat debat sebagai sesuatu yang benar-benar inspiratif. Karena, kata Ganjar, secara statisitik bisa dilihat dari data yang ada.

Tak lupa, politikus PDIP tersebut turut membahas soal disebutnya Jawa Tengah dalam debat kali ini. “Lumayan Jawa Tengah disebut dalam debat, meski hanya soal luasan daerah,” tandasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kedua Paslon Masih Jaim, Ganjar: Pak Jokowi Agak Lebih Berani Ya