alexametrics

Ini Analisa Pengamat Mengenai Sosok Kejutan di Pilbup Karanganyar 2018

18 Januari 2018, 21:06:57 WIB

JawaPos.com – Munculnya sosok Ida Retno Wahyuningsih yang mendampingi Rohadi Widodo dalam Pilkada di Kabupaten Karanganyar sempat mengagetkan sejumlah kalangan.

Selain mendadak, selama ini nama pendamping Rohadi Widodo itu belum begitu banyak dikenal baik di kancah politik ataupun di tengah-tengah masyarakat.

Untuk bisa mengimbangi suara pasangan calon Juliyatmono-Rober Christanto, partai pengusung yakni PKS dan juga Gerindra tentunya harus bekerja keras utamanya untuk mengenalkan pasangan tersebut.

Pilkada Serentak 2018
Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih (Istimewa)

Demikian seperti yang disampaikan oleh Pengamat Politik dari UNS, Didik G Suharto. Kepada JawaPos.com, Kamis (18/1).

Didik menjelaskan, memang ada sedikit keuntungan yang dimiliki oleh partai PKS dan Gerindra dengan mengusung Ida. Sebagai sosok perempuan, Ida bisa digunakan untuk mendulang suara dari kalangan perempuan.

“Memang ada keuntungan itu, tetapi kan sekarang untuk kedekatan atau keterwakilan seorang perempuan tidak harus diwujudkan dalam bentuk fisik. Tetapi bisa juga diwakilkan dengan sosok laki-laki,” paparnya.

Menurutnya, dengan upaya yang maksimal dari partai pengusung yakni PKS dan juga Gerindra bukan tidak mungkin, sosok Ida ini mampu untuk mendapatkan suara dari pemilih perempuan.

Tetapi, karena selama ini nama Ida belum begitu dikenal oleh masyarakat maka partai pengusung perlu kerja lebih berat.

Didik mengatakan, partai pengusung maupun calonnya harus benar-benar mampu untuk memanfaatkan sisa waktu sebelum Pilkada berlangsung pada Juni mendatang guna memperkenalkan sosok Ida kepada masyarakat.

“Mereka harus kerja ekstra untuk bisa mengimbangi suara atau elektabilitas dari pasangan lawan yakni Juliyatmono-Rober Christanto. Ini yang mungkin agak berat,” ungkapnya.

Ditanya mengenai kehadiran sosok Rohadi dan juga Ida untuk menjadi penantang Juliyatmono dan Rober dikatakan Didik akan mampu meramaikan Pilkada di Karanganyar.

Tentunya jika dibandingkan dengan melawan kotak kosong. Pasalnya, menjelang penutupan pendaftaran Balon Cabup dan Cawabup tidak ada yang melakukan pendaftaran. Sampai menjelang penutupan yakni pukul 23.40 WIB barulah muncul sosok Rohadi Widodo dan Ida Reno Wahyuningsih menjadi penantang Juliyatmono-Rober Christanto.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)




Close Ads
Ini Analisa Pengamat Mengenai Sosok Kejutan di Pilbup Karanganyar 2018