alexametrics

Tahun Depan, Pemkab Malang Jamin Kesehatan 215 Ribu Warga Kurang Mampu

17 Desember 2018, 19:54:42 WIB

JawaPos.com- Dinas Sosial memiliki program kesehatan yang akan dilakukan tahun depan. Yakni memberikan pelayanan kesehatan bagi ribuan warga kurang mampu.

Kepala Dinsos Nur Hasyim menjelaskan, total warga kurang mampu di Kabupaten Malang diperkirakan mencapai 601.616. Sekitar 215.683 diantaranya belum mengantongi Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS.

“Kalau KIS itu kan kuota yang menentukan dari pusat. Nah, yang belum menerima KIS, ya sejumlah 215 ribu itu. Itu yang menjadi tanggung jawab Kabupaten Malang,” kata Hasyim, Senin (17/12).

Pihaknya menganggap bahwa kesehatan warga kurang mampu itu perlu dijamin oleh pemkab. Pasalnya, selama ini mereka kerap mengalami kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pemkab Malang butuh dana cukup besar untuk menjamin kesehatan warga kurang mampu tersebut. Nilainya diperkirakan mencapai Rp 59,528 miliar.

“Namun, diperkirakan alokasi dana tersebut belum mampu mencukupi,” imbuhnya.

Lantas, bagiamana dengan kekurangan dananya? Hasyim menjelaskan, nantinya dana kesehatan tersebut akan ditutupi dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

“Sehingga 2019 nanti tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak dapat kartu BPJS,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (tik/JPC)


Close Ads
Tahun Depan, Pemkab Malang Jamin Kesehatan 215 Ribu Warga Kurang Mampu