JawaPos Radar

Marak HIV/AIDS, Pemkot Padang Sisir Puluhan Salon dan Tempat Pijat

17/12/2017, 12:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
HIV/AIDS
Petugas kesehatan saat melakukan pengecekan darah di salah satu salon di Kota Padang (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Guna menekan penyebaran HIV/AIDS, Pemerintah Kota Padang menyisir sejumlah lokasi tempat pijat (spa) dan salon di kasawasan Pasar Raya Padang.

Hasilnya sebanyak 31 pegawai dan karyawan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah. Kepala Satpol PP Kota Padang, Yadrison mengatakan, penyisiran salon dan spa atau tempat pijat tersebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang.

Langkah tersebut, imbuhnya diyakini mampu menekan penyebaran HIV/AIDS yang merajalela. "Operasi itu kita lakukan Sabtu kemarin dengan tujuan untuk mendeteksi sedini mungkin tentang adanya virus HIV dan upaya pencegahan penyebaran. Untuk hasil pengecekan darahnya masih menunggu dari Dinas Kesehatan," katanya Minggu (17/12).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyadi Hamid menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan apabila dalam pemeriksaan darah puluhan karyawan salon dan spa tersebut ditemukan terindikasi HIV/AIDS.

Penanganan pengobatan akan dilakukan sedini mungkin apabila memang ditemukan. "Yang positif mengidap HIV akan diberi obat ARV untuk memperlambat pertumbuhan virus HIV dan menjadi AIDS. Sedangkan yang positif terjangkit IMS seperti sifilis akan diberi obat untuk penyembuhan," katanya.

 

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up