JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tanam Seribu Pohon untuk Jaga Ketersediaan Air di Batam

17 November 2018, 19:57:32 WIB | Editor: Dida Tenola
Tanam Seribu Pohon untuk Jaga Ketersediaan Air di Batam
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo (memegang cangkul) dalam acara penanaman 1.000 pohon di kawasan tangkapan air. (BP Batam for JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Seribu jenis pohon berbagai jenis ditanam di Daerah Tangkapan Air (DTA)waduk Duriangkang, Kecamatan Sungai Beduk, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (17/11). Penanaman itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan air di Batam.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan salah satu perusahaan di kawasan industri Panbil yakni PT Epcos Indonesia (TDK Group). Acara ini diikuti sebanyak 200 peserta terdiri dari karyawan PT Epcos, Ditpam BP Batam, Kantor Air BP Batam dan anak Sekolah, termasuk di dalamnya Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo.

"Sangat penting menjaga kawasan tangkapan air bagi keberlangsungan ketersediaan dan kebutuhan air masyarakat kota Batam," ujar Lukita.

Waduk Duriangkang merupakan penyuplai terbanyak kebutuhan air masyarakat Batam. Oleh sebab itu dibutuhkan peran serta dan kesadaran dari masyarakat dalam menjaga ketersediaan air baku. Terlebih Batam sangat tergantung dengan air hujan.

Batam tidak mempunyai air tanah yang baik. Hal itu yang menjadi  salah satu alasan kenapa Batam memiliki banyak waduk. Jika kondisi daerah tangkapan air yang berada di tujuh waduk yang ada di Batam bermasalah, maka akan sangat mengganggu penyediaan air untuk masyarakat.

Lukita mengimbau agar tanaman pohon yang telah ditanam bisa dirawat dan dijaga hingga berkembang.  "Harus komit merawatnya, sesekali melihat kondisi tanaman, sehingga bisa tumbuh dan bermanfaat," kata Lukita lagi.

Sementara itu, CEO PT Epcos Guido Mauthe mengatakan, ia dan jajarannya berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan Kota Batam. Ia mengaku meiliki banyak program untuk lingkungan hidup. Salah satunya penanaman pohon.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up