JawaPos Radar | Iklan Jitu

Satu Warga Tersambar Petir

Puting Beliung Terjang Pati, Ratusan Rumah Porak Poranda

17 November 2018, 20:19:13 WIB | Editor: Dida Tenola
Puting Beliung Terjang Pati, Ratusan Rumah Porak Poranda
Ilustrasi puting beliung. (Dokumen BNPB)
Share this

JawaPos.com- Ratusan rumah rusak ringan hingga sedang usai puting beliung menerjang sejumlah desa di Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selain itu, satu orang mengalami luka cukup serius karena tersambar petir yang muncul bersamaan dengan bencana angin kencang.

Kepala BPBD Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, puting beliung menerpa Kecamatan Kayen pada hari Jumat (16/11), sekitar pukul 16.30 WIB. "Yang kena Desa Pasuruhan, Desa Srikaton dan Dukuh Sidomulyo di Desa Srikaton," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (17/11).

Akibatnya, sebanyak 55 rumah di Desa Pasuruhan mengalami kerusakan, utamanya bagian atap. Kondisi sama juga terjadi di Desa Srikaton, dimana ada 3 unit rumah yang rusak. Paling banyak yakni di Dukuh Sidomulyo, yaitu sejumlah 62 rumah.

"Ini tadi siang relawan BPBD, TNI, Tagana, Kepolisian, dan masyarakat kerjasama untuk pembenahan genteng-genteng yang longsor dan pohon-pohon tumbang. Pakai chainsaw tadi dari BPBD. Besok pagi dilanjut lagi," katanya.

Ditanya mengenai jumlah korban luka, Sanusi menyebut untuk di lokasi yang diterjang angin, katanya nihil. Akan tetapi, di Desa Trimulyo ada satu orang yang dilarikan ke rumah sakit karena tersambar petir. Korban atas nama Sarmidi, 45, warga Dukuh Manyar.

"Desa Trimulyo itu juga di Kayen. Kejadiannya bersamaan dengan angin puting beliung. Rumahnya tersambar petir dan sudah dibawa ke Rumah Sakit daerah RAA Suwondo Pati. Sedang dirawat karena menderita luka bakar," katanya lagi.

Dengan adanya kejadian ini, kerugian ditafsir mencapai kisaran Rp 30 juta. Disebutkan Sanusi, bantuan logisitik sudah dikirimkan dan bakal ditambah melalui koordinasi dengan sejumlah pihak seperti salah satunya Dinas Sosial setempat.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up