JawaPos Radar | Iklan Jitu

Perbanyak RTH, Revitalisasi TIM Akan Korbankan Gedung Bioskop

17 November 2018, 13:15:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Perbanyak RTH, Revitalisasi TIM Akan Korbankan Gedung Bioskop
Revitalisasi TIM akan perbanyak RTH (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mendekati penghujung akhir tahun, Pemprov DKI Jakarta tengah bersiap menyelesaikan konsep utuh dari revitalisasi dari Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Nantinya, TIM akan diperbaharui dengan konsep yang lebih modern.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Asiantoro menjelaskan, konsep dari revitalisasi sendiri terlihat dari fisik yang akan jauh berbeda. Sebab, nantinya TIM akan dibuat dengan nuasa Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di tengah kota.

"Bentuk fisiknya beda, di situ akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau di masterplan terpampang. Jadi bentuknya dari depan, sudah nggak ada pagar terbuka langsung mencari bentuk fisik kawasan beda," tuturnya kepada JawaPos.com, Sabtu (17/11).

Perbanyak RTH, Revitalisasi TIM Akan Korbankan Gedung Bioskop
Revitalisasi TIM akan perbanyak RTH (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Nantinya, Asiantoro ingin para seniman maupun pengunjung akan merasakan nuansa tenang dan damai karena adanya RTH. Ia menginginkan agar konsep TIM sebagai taman dapat dirasakan pada pembaharuan kali ini.

"Karena jaman dulu TIM kan Taman Margasatwa jaman Raden Saleh jadi konsepnya RTH di kedepankan. Diharapkan orang berlatih akan lebih nyaman, akan berinovasi dapat masukan dapat ilham di sana," jelasnya.

Walau begitu, Asiantoro mengemukakan harus ada bangunan yang dikorbankan untuk pembuatan konsep RTH tersebut. Nantinya, gedung bioskop XXI akan dibongkar dan direvitalisasi sesuai konsep yang ada.

"Yang dibongkar adalah XXI ke depan, sampai kantin akan direvitalisasi. Kalau teater besar, kecil, Planetarium tidak dibongkar. Kami perbaharui dengan tata cahaya dan suara yang lebih baik," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up