JawaPos Radar | Iklan Jitu

Nuvasa Bay, Ikon Baru Batam yang Menghadap Singapura

17 November 2018, 15:30:57 WIB | Editor: Dida Tenola
Nuvasa Bay, Ikon Baru Batam yang Menghadap Singapura
Acara groundbreaking The Nove Residences, Nuvasa Bay, Batam. (Bobi Bani/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Wilayah timur Batam, di Kecamatan Nongsa, menjadi kawasan yang memiliki posisi penting Indonesia pada masa mendatang. Di wilayah ini berdiri industri digital berteknologi tinggi; area pariwisata dengan keindahan alamnya yang masih asri; dan menyediakan fasilitas liburan yang posisinya berhadapan langsung dengan Singapura.

Tidak sampai di situ saja, saat ini telah hadir kawasan baru yang dikenal dengan Nuvasa Bay.  Nuvasa Bay akan diproyeksikan menjadi kota mandiri untuk mendukung pembangunan Batam sebagai kota internasional.

Dalam acara ground breaking The Nove Residences, kawasan perumahan yang memakai lahan seluas 5 hektare dari 128 hektare Nuvasa Bay. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyambut baik inovasi dari Nuvasa Bay. Nuvasa Bay bisa menjadi ikon Batam untuk wilayah timur.

Lukita yakin kawasan Kecamatan Nongsa ini akan semakin diminati turis asing, khususnya mereka yang berasal dari negara tetangga.

Hadirnya hunian di tengah kawasan ini, laniut Lukita, menjadi peluang tersendiri bagi hadirnya gerak ekonomi dari sektor properti. Dimana tidak hanya untuk masyarakat Indonesia saja, namun rumah yang dihadirkan juga menjadi daya tarik bagi orang asing.

Dukungan BP Batam sendiri tidak berhenti pada mengjadirkan kemudahan perpanjangan sewa lahan. Lebih dari itu BP Batam juga mendorong hadirnya kemudahan bagi orang asing yang akan memiliki hunian di Batam. Meskipun saat ini pemerintah sudah memperbolehkan orang asing memiliki hunian, namun beberapa syarat yang harus dipenuhi dinilai masih menjadi penghambat.

Salah satunya adalah syarat akan adanya Kartu Ijin Tinggal Terbatas (Kitas) bagi calon pembeli. Padahal Kitas ini biasanya dimiliki oleh pekerja asing. Kitas ini sendiri difungsikan sebagai penjamin bagi mereka yang ingin memiliki hunian. Hal lain adalah persyaratan NPWP, Lukita menilai NPWP sebagai salah satu syarat wajib juga cukup menyulitkan.

"Kita akan sampaikan soal persyaratan ini ke pusat, kalau untuk menjadi penjamin, BP Batam siap menjamin kalau ada orang asing yang ingin membeli rumah. Kita harapkan akan ada kemudahan," kata Lukita, Sabtu (17/11).

The Nove Residences sendiri merupakan sebuah hunian yang memadukan landed house The Nove Residences dan apartemen The Nove Apartment. Area perumahan ini dilengkapi dengan beragam keunggulan yang memanjakan penghuninya, mulai dari pemandangan indah pinggir pantai, hutan mangrove dan hijaunya lapangan golf Palm Springs.

“Animo masyarakat Batam dan daerah lain terhadap The Nove sangat tinggi. Kaina Tower (satu dari tiga tower) berhasil membukukan penjualan sebesar 95 persen," kata CEO East Indonesia Sinar Mas Land, Franky Najoan.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up