JawaPos Radar | Iklan Jitu

Perpanjang Ganjil Genap Hingga Desember, Anies: Untuk Tambah Data

17 Oktober 2018, 06:10:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Perpanjang Ganjil Genap Hingga Desember, Anies: Untuk Tambah Data
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perpanjang sistem ganjil genap hingga Desember. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kebijakan Ganjil-Genap untuk kendaraan roda empat diperpanjang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Perpanjangan waktu tersebut dijelaskan Anies karena Pemprov DKI butuh data yang lengkap terkait respon warga Jakarta atas diterapkannya sistem ini.

Menurutnya, jumlah kendaraan pribadi meningkat, begitupula dengan kecepatan kendaraan. Namun, Anies mengapresiasi waktu tempuh masyarakat yang kian produktif karena kurangnya kemacetan.

"Tapi efek dari perilaku pengguna, kita belum punya data yang lengkap. Kemudian yang kedua, efek perekonomian datanya belum lengkap," jelas Anies di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan membutuhkan data lengkap untuk penentuan perlu tidaknya kebijakan ini dipermanenkan. Maka, Anies memperpanjang waktu penerapan Ganjil-Genap agar warga tidak lagi memprioritaskan menggunakan kendaraan pribadinya

"Perpanjangannya itu tidak sepanjang hari, 4 jam di pagi hari dan juga 4 jam di sore hari. Di siang hari tidak berlaku ganjil genap. Mereka yang kendarannya hari itu tidak berlaku di pagi hari, siangnya masih bisa pakai. Tapi kalau sepanjang hari ada potensi merangsang orang untuk mencari kendaraan kedua," tuturnya.

Tujuan dari perpanjangan waktu ini, lanjut Anies untuk  mengubah perilaku warga Jakarta agar lebih memilih kendaraan umum. Sebab, waktu melakukan integrasi transportasi tidaklah sebentar. "Tujuan kami sekarang memperluas jangkau kendaraan umum dan kenyamanan kendaraan umum," kata Anies.

Seperti yang diketahui, Anies mengeluarkan Pergub 106/2018 tentang Ganjil-Genap. Pada pasal 1 ayat 3 menyebutkan perpanjangan masa ganjil-genap yaitu pada 15 Oktober-31 Desember 2018 dan tidak berlaku Sabtu-Minggu serta hari libur.

Ruas jalan masih yang diberlakukan Ganjil-Genap secara normal pukul 06.00-10.00 WIB dan untuk sore pukul 16.00-20.00 WIB diantaranya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Sebagian Jalan Jenderal S Parman (Simpang Slipi-Simpang Tomang), Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal DI Panjaitan, Jalan Jenderal Ahmad Yani.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up