JawaPos Radar

Warga Sumbar Kecipratan Duit BUMN Rp 4 Miliar

17/08/2018, 13:32 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bantuan BUMN
Pemberian bantuan secara simbolis oleh Dirut PTBA Arviyan Arifin pada penerima bantuan elektrifikasi 50 rumah dan 50 MCK senilai Rp1 miliar usai upacara HUT ke-73 RI, Jumat (17/8). (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Program BUMN Hadir untuk Negeri tak sekedar simbol kegiatan seluruh perusahaan plat merah. Lebih dari itu, kehadiran BUMN harus memberi dampak terhadap kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Hal itu ditegaskan Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah usai upacara bendera HUT ke-73 RI di Istano Basa Pagaruyuang, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Acara tersebut digagas PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) (BGR).

"Berbagai even kami gelar. Mulai dari SMN hingga perbaikan fasilitas publik. Walau secara operasional, PTBA dan BGR tak banyak di Sumbar. Tapi BUMN tidak akan meninggalkan daerah operasinya," terang Edwin, Jumat (17/8).

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menembahkan, bantuan BUMN di Sumbar pada perayaan HUT ke-73 RI mencapai Rp 4 miliar. Sejumlah bantuan pemenuhan kebutuhan dasar yang disebar antara lain beasiswa senilai Rp 150 juta untuk 30 orang siswa SD, SMP, dan SMA Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok Selatan.

Bantuan pengairan irigasi sawah di Kecamatan Talawi senilai Rp 1,2 miliar. Lalu bantuan elektrifikasi 50 rumah dan 50 MCK senilai Rp 1 miliar. Selanjutnya, bedah 10 rumah karyawan dan masyarakat senilai Rp 500 juta. Ada pula bantuan penyediaan air bersih Rp 400 juta, dan bantuan program padat karya Rp60 juta.

PTBA dan BGR juga melakukan perbaikan sarana prasarana SDN 29 Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto dan SDN O3 Pekonina, Solok Selatan. "Kami juga bangun taman baca di rumah kreatif lapangan Segitiga, Sawahlunto dan taman baca rumah pintar di Solok Selatan," ungkap Arviyan.

Selain itu, banyak lagi bantuan dan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang akan digelar sampai Sabtu (18/8) mendatang. Deretan rangkaian kegiatan tak lain untuk menghadirkan BUMN di tengah masyarakat.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up