JawaPos Radar

Bawaslu Award 2018, Bawaslu Jateng Sabet Tiga Kategori

17/08/2018, 17:13 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bawaslu
ILUSTRASI: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah keluar menjadi salah satu yang terbaik pada ajang Bawaslu Award 2018. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah keluar menjadi salah satu yang terbaik pada ajang Bawaslu Award 2018. Total ada tiga penghargaan yang diraih pada perhelatan itu.

Kepala Bawaslu Jateng Fajar Saka, mengatakan, kategori itu terdiri dari dua penghargaan tingkatan provinsi. Masing-masing yakni, dalam pengawasan tahapan serta dalam pengelolaan administrasi dan laporan keuangan.

Yang terakhir, diperoleh Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar dalam kategori Panwas Kabupaten terbaik untuk penanganan pelanggaran. Penghargaan itu diberikan di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (15/8) malam.

“Penghargaan ini bukan untuk pimpinan Bawaslu Jateng akan tetapi adalah pencapaain semuanya. Baik para komisioner, kesekretariatan, staf, Panwas kabupaten/kota, Panwascam hingga Pengawas TPS yang ada di seluruh Jawa Tengah,” kata Fajar kepada wartawan di Semarang, Jumat (17/8).

Pencapaian dalam ajang Bawaslu Award 2018, menurutnya menjadi pemantik semangat semua pihak baik provinsi hingga jajaran ke bawah. Pasalnya, saat ini jajaran Bawaslu tengah dihadapkan pada pengawasan proses pemilihan umum untuk tahun 2019.

“Mengingat tahapan Pemilu 2019 sudah di depan mata, Bawaslu Jateng akan menjadikan ini sebagai modal untuk mempertahankan bahkan meningkatkanya lagi,” sambungnya. Oleh karena itulah, Fajar meminta agar seluruh jajarannya mengawal Pemilu 2019 secara professional, adil, akuntabel, independen dan tegakan hukum sesuai dengan undang-undang. 

Sebagai informasi, ada 22 kategori yang diperebutkan Bawaslu provinsi dan Panwaslu kabupaten/kota se-Indonesia pada Bawaslu Award 2018 itu. Diantaranya, pengelolaan sekretariat, pengelolaan administrasi dan laporan keuangan, pelaksanaan fungsi koordinasi dan supervise, pelaksanaan keterbukaan informasi dan hubungan antar lembaga, pelaksanaan pengawasan tahapan terbaik.

Sisanya, adalah pengawasan partisipatif terbaik, pelaksanaan penanganan pelanggaran terbaik, pelaksanaan Sentra Gakkumdu terbaik, pelaksanaan penyelesaian sengketa, pemberian keterangan terbaik di Mahkamah Konstitusi, pengawas tingkat kecamatan terbaik, dan pengawas Pemilu lapangan terbaik.

Ajang Bawaslu Award 2018 digelar Bawaslu RI untuk memberikan penghargaan kepada jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Yakni, sebagai bentuk apresiasi kepada pengawas pemilu di daerah setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2018. Bawaslu Award 2018 ini sudah yang ke empat kalinya. 

Tiap tahun, Bawaslu Jawa Tengah selalu sukses meraih kemenangan. Untuk tahun ini sendiri, Badan Pengawas Pemilu pimpinan Fajar dan beserta Panwas kabupaten/kota di Jawa Tengah masuk dalam sembilan nominasi. 

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up