JawaPos Radar

Usai Salat Subuh, Kloter Pertama Embarkasi Padang Tinggalkan Tanah Air

17/07/2018, 06:48 WIB | Editor: Ilham Safutra
Usai Salat Subuh, Kloter Pertama Embarkasi Padang Tinggalkan Tanah Air
Gubernur Sumbar melepas keberangkatan JCH embarkasi Padang kloter pertama di Asrama Haji Tabing, Kota Padang, Senin malam (16/7) (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kloter pertama Embarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) tinggalkan Tanah Air dan bertolak ke Arab Saudi, Selasa pagi (17/7). Sebanyak 387 calon jamaah haji (CJH) dan 5 petugas itu dilepas oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Mereka berangkat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) usai salat subuh menuju Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, para CJH terbang dari BIM dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER. Pesawat tinggal landas diperkirakan pada pukul 7.20. "Insyaallah semua sudah kita siapkan. Dan, insyaallah jamaah secara data yang kita dapatkan juga alhamdulillah siap berangkat besok. Pesawat sudah siap, jadi insyaallah sudah resmi kita lepas kloter pertama embarkasi Padang," kata Irwan Prayitno ketika melepas keberangkatan JCH embarkasi Padang di Asrama Haji Tabing, Kota Padang, Senin malam (16/7).

Gubernur yang menjadi salah satu kandidat capres dari PKS itu meminta para JCH kloter pertama itu agar selalu bersama kelompok alias tidak terpisah-pisah. Selama menjalankan rukun Islam kelima, JCH diminta untuk selalu menjaga kesehatan. "Cuaca juga, mungkin cuaca sekarang agak lumayanlah dan enggak terlalu panas lah ya," katanya.

Kloter pertama ini terdiri dari 156 orang JCH laki-laki dan dan 231 JCH perempuan. Sebetulnya, kloter perdana ini bakal memberangkat 388 JCH. Namun, seorang jamaah di antaranya mengalami gangguan kesehatan. Sehingga, diharuskan menunda keberangkatannya.

CJH yang gagal berangkat dengan kloter 1 ini bernama Syarifuddin bin Syahrudin Adam, 71 dengan nomor manifestasi 122 asal kota Padang. Pihak Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar pun belum bisa memastikan kapan CJH berusia senja itu akan diberangkatkan.

"Berangkatnya nanti tentu kalau sudah pulih. Kalau sakitnya, pihak kesehatan yang lebih tahu. Yang jelas kayaknya jantung," kata Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hendri.

Embarkasi Padang Berangkatkan 6.367 JCH Dengan 17 Kloter

Hendri mengatakan, musim haji 2018 ini, embarkasi Padang akan memberangkatkan sebanyak 6.367 orang CJH. Dengan rincian 4.646 JCH asal Sumbar dan 1.641 JCH asal Provinsi Bengkulu. Selain itu, juga terdapat 80 orang petugas untuk semua kloter.

Jumlah kloter embarkasi mencapai 17 kloter. Masing-masing, 16 kloter penuh, dan 1 gabungan dengan Provinsi lain. Setiap kloter terdiri dari 393 orang. Kloter pertama akan berangkat 17 Juli 2018 dan kloter 16 dijadwalkan menuju Madinah pada 3 Agustus 2018 mendatang.

Hendri juga menyebutkan, jika JCH termuda bernama Alvin Rianda Bin Noor Arias Syamsu yang masih berusia 16 tahun dan berasal dari Padang. JCH tertua bernama Sabaruddin Maisin yang usianya 80 tahun dan juga berasal dari kota Padang.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up