JawaPos Radar

Tekan Impor, Menteri Pertanian Bagikan 1 Juta Bibit Jeruk di Malang

17/07/2018, 23:25 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman saat berkunjung ke Kebun Percobaan Punten, Batu, Selasa (17/7). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman membagikan 1 juta bibit jeruk beserta pupuk di Balai Penelitian Jeruk Tropika (Balitjestro), Kecamatan Punten, Batu, Malang, Selasa (17/7). Dengan menanam satu juta pohon jeruk ini, setidaknya bisa menekan angka impor hingga 25 persen.

Amran mengatakan, tahun 2018 ini Kementan membagikan sejuta bibit jeruk untuk rakyat. Sementara untuk tahun depan, bantuan akan ditingkatkan menjadi 2 juta pohon beserta dengan pupuknya.

"Saya minta Kepada jajaran Kementan agar siapkan bibit jeruk 2 juta pohon tahun depan. Dengan tanam satu juta pohon jeruk, kita bisa tekan impor hingga 25 persen dan tanam 2 juta pohon bisa tekan 75 persen," ujarnya. 

Dia menjelaskan, pihaknya mengirimkan bibit ini berdasarkan keunggulan komparatif suatu daerah. "Jeruk cocok ditanam di Malang. Bahkan ibu Wali Kota tadi mengusulkan apel. Saya minta dirjen anggarkan tahun depan untuk bibit apel karena apel cocok disini," kata dia. 

Amran menerangkan, bibit jeruk ini dibagikan ke daerah-daerah di Indonesia yang agro climate nya cocok dan sesuai rekomendasi para ahli. Menurutnya, hal itu dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Yakni petani harus diperhatikan, dilayani, diayomi, serta diedukasi. "Sehingga nanti kesejahteraannya meningkat," tuturnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up