alexametrics

Aceh Marathon Ditunda, Peserta Merugi

17 Juli 2018, 10:49:51 WIB

JawaPos.com – Gelaran Aceh Marathon ditunda. Penundaan ini disampaikan panitia ke masing-masing peserta melalui surat elektronik atau email. keputusan itupun membuat kecewa sejumlah peserta.

Jadwal awalnya, even bertaraf internasional itu berlangsung di Pulau Weh, Kota Sabang pada 29 Juli 2019. Namun pelaksanaannya kemudian diundur hingga Sepetember mendatang.

Salah satu peserta yang kecewa adalah Peter Bii. Ia berasal dari Republik Kenya dan sudah mendaftarkan diri beberapa waktu lalu. “Saya sedih, soalnya sudah beli tiket. Tapi nggak bisa buat apa-apa,” kata Peter memberi penjelasan lewat perpesanan Facebook, Selasa (17/7).

Peter Bii mengaku sedih karena telah membeli tiket pesawat dan tidak bisa dipergunakan. Penundaan even yang dimotori Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh tersebut menimbulkan kerugian baginya.

Meski demikian, Peter tidak menyebutkan secara rinci berapa banyak dana yang telah dikeluarkannya. Sebelumnya, Peter Bii mendaftar di Aceh Marathon secara online dan kini masih berasa di negara asalnya.

Selain Peter, hal serupa juga dirasa peserta asal Jakarta Novi Arialat. Ia mengaku sangat dirugikan dengan adanya penundaan even. Sebab dirinya telah melakukan sejumlah persiapan. Mulai memesan penginapan, tiket dan peswat pulang-pergi pun sudah dibeli. “Saya dapat email-nya. Sebagai peserta merasa dirugikan. Bahkan teman-teman dari luar seperti Malaysia juga pada komplain,” tuturnya.

Novi terlanjur mengeluarkan uang sekitar Rp 3,5 juta guna mempersiapkan keikutsertaanya. Ihwal pembatalan ini, ia sudah berusaha menghubungi panitia. Namun nomor yang tertera pada email tidak tersambung.

“Saya coba hubungi nomor di email dibilang salah sambung. Terus hubungi panitia yang di Jakarta, selalu sibuk. Panitia kurang professional karena akan membuat orang lebih malas lagi ikut kegiatan semacam ini di Aceh. Semoga saja ada tanggapan dari pemerintah,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan bahwa dana kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf mengalir ke Aceh Marathon. Usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang beberapa lalu, gelaran bertaraf internasional itu dikabarkan akan diundur.

Kabar pengunduran kegiatan beredar melalui pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp. JawaPos.com juga memperolehnya pada Rabu (11/7) lalu. Sejatinya, Aceh Marathon 2018 berlangsung pada 29 Juli mendatang. Namun diundur hingga September.

“Pelaksanaan Sabang International Marathon semula di tanggal 29 Juli 2018 diundur menjadi bulan September 2018. Mengenai tanggal pastinya akan ditentukan dikemudian hari. Hal-hal lain mengenai alasan diundurnya pelaksanaan tersebut belum dijelaskan secara jelas,” bunyi dari pesan tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mal/JPC)



Close Ads
Aceh Marathon Ditunda, Peserta Merugi