JawaPos Radar

Pelaku Penembakan Bayi Orang Utan di Kalimantan Misterius

17/06/2016, 09:51 WIB | Editor: Imam Solehudin
Pelaku Penembakan Bayi Orang Utan di Kalimantan Misterius
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kondisi orang utan di Kalimantan kian terdesak. Makin tergerusnya habitat mereka akibat pembukaan lahan besar-besaran, membikin nasib satwa langka tersebut kian memprihatinkan. 

Rabu kemarin (15/6), seekor bayi orang utan (Pongo pygmaeus) dievakuasi lantaran mengalami kekurangan nutrisi. 

Yang membikin kaget, ditemukan sebutir peluru senapan angin yang bersarang di pundak kanannya.

Orang utan tersebut diselamatkan petugas International Animal Rescue Indonesia (Yayasan IAR Indonesia) yang bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Wilayah I (BKSDA SKW I) Ketapang di Desa Sandai Kiri, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Rabu (15/6).

''Kondisi bayi orang utan yang diselamatkan itu cukup memprihatinkan. Bahkan, ukuran tubuhnya kurus kering dan terlalu kecil untuk orang utan seusianya,'' kata Direktur Program YIARI Karmele Liano Sanchez dalam siaran pers kemarin (16/6).

Penyelamatan tersebut berawal dari laporan warga yang bernama Pendeta Olke. Ada bayi orang utan yang perlu diselamatkan di daerah Sandai. 

Berdasar laporan Olke, bayi orang utan itu tiba-tiba diserahkan seseorang yang tidak jelas identitasnya kepada Cuan, pemilik warung di daerah Sandai Kiri.

Saat ini bayi orang utan tersebut dibawa ke Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Orang Utan YIARI di Ketapang untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.(oxa/mam/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up