alexametrics

Ridwan Kamil Sebut PPDB di Jawa Barat Makin Adil dan Andal

17 Mei 2022, 23:46:30 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat menyatakan, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK di Jawa Barat resmi dimulai pada Selasa (17/5). PPDB tahun ini makin adil dan andal.

”PPDB sudah dimulai. Insya Allah tahun ini, PPDB yang paling adil secara teknis, paling aspiratif karena dari bawah (bottom up), masukan dari bawah diakomodir, juga ini PPDB paling andal dengan sistem digital yang sudah siap,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Kota Bandung, Selasa (17/5).

Gubernur memastikan, tahun ini merupakan PPDB paling adil secara teknis dan aspiratif karena mengakomodir masukan dari bawah, juga paling andal dari segi sistem digital. Adapun kuota jalur PPDB untuk jenjang SMA terdiri atas afirmasi 20 persen, perpindahan tugas lima persen, prestasi 25 persen, dan zonasi 50 persen.

Untuk tahap I, masyarakat bisa mulai mendaftar mulai 6–10 Juni. Khusus untuk kuota zonasi pendaftaran dimulai pada tahap II 23–30 Juni.

Sementara itu kuota jalur PPDB SMK, afirmasi sebanyak 20 persen, perpindahan tugas lima persen, prioritas terdekat 10 pesen, persiapan kelas industri 35 persen, prestasi nilai rapor umum 25 persen, dan prestasi kejuaraan lima persen. Pendaftaran tahap I PPDB SMK dimulai 6–10 Juni. Untuk kuota prestasi nilai rapor umum dimulai pada tahap II 23–30 Juni.

”Informasi mengenai tata cara pendaftaran secara lengkap dapat diakses di laman ppdb.disdik.jabarprov.go.id,” terang Ridwan Kamil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: