alexametrics

Lima Taruna PIP Semarang yang Tewaskan Juniornya Dituntut 9 Tahun

17 Mei 2022, 15:25:20 WIB

JawaPos.com–Lima taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Jawa Tengah, dituntut 9 tahun penjara. Mereka didakwa kasus penganiayaan yang menewaskan juniornya, Zidan Muhammad Faza.

Jaksa Penuntut Umum Niam Firdaus dalam sidang di PN Semarang menyatakan, kelima terdakwa terbukti melanggar dua dakwaan yang bersifat kumulatif. Yakni pasal 170 ayat 2 dan pasal 170 ayat 1 KUHP.

Kelima terdakwa tersebut masing-masing Caecar Richardo Bintang Samudra Tampubolon, Aris Riyanto, Andre Arsprilla Arief, Albert Jonathan Ompusungu, dan Budi Dharmawan.

”Menuntut supaya majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini supaya memutuskan, menyatakan kelima terdakwa terbukti bersalah, menjatuhkan hukuman kepada para terdakwa masing-masing dengan hukuman 9 tahun penjara,” kata Niam Firdaus seperti dilansir dari Antara dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Arkanu tersebut.

Dalam dakwaan pertama, lanjut dia, penganiayaan yang dilakukan kelima terdakwa menyebabkan kematian terhadap taruna Zidan Muhammad Faza. Sedangkan pada dakwaan kedua, perbuatan kelima terdakwa menyebabkan 14 taruna juniornya mengalami sakit di bagian perut akibat pukulan dan ataupun tendangan.

Perbuatan para terdakwa tersebut, menurut Niam Firdaus, telah memenuhi unsur pidana atas apa yang didakwakan. Adapun dalam pertimbangan yang meringankan, para terdakwa belum pernah dihukum dan bersikap sopan selama persidangan.

Atas tuntutan tersebut, majelis hakim memberi kesempatan para terdakwa maupun para penasihat hukumnya untuk menyampaikan pembelaan pada sidang 19 Mei.

Taruna PIP Semarang Zidan Muhammad Faza diduga tewas setelah dianiaya lima seniornya pada September 2021. Peristiwa nahas terjadi di Mes Indoraya Semarang saat kegiatan pendisiplinan yang dilakukan senior terhadap taruna junior.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads