alexametrics

Jogjakarta Siap Longgarkan Aturan Pakai Masker dengan Pembatasan

17 Mei 2022, 23:53:32 WIB

JawaPos.com–Pemkot Jogjakarta siap menerapkan aturan terbaru dalam penanganan Covid-19. Yakni melonggarkan aturan penggunaan masker dengan mengizinkan warga membuka masker di tempat terbuka namun tetap menerapkan pembatasan.

”Kalau aturan itu sudah menjadi kebijakan, ya, kami akan terapkan juga untuk bisa membuka masker di area terbuka,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogjakarta Heroe Poerwadi seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Meskipun demikian, Heroe mengingatkan, pelonggaran aturan tersebut masih diikuti dengan beberapa aturan pembatasan yang harus dipatuhi. Di antaranya tidak terdapat kerumunan dalam jumlah besar di area terbuka. Warga lanjut usia dan warga yang memiliki penyakit penyerta juga tidak serta merta diizinkan membuka masker di area terbuka.

”Begitu pula dengan warga yang sedang batuk atau pilek tetap diminta mengenakan masker untuk mengurangi potensi penularan,” terang Heroe.

Bagi warga yang merasa lebih nyaman untuk tetap mengenakan masker, lanjut Heroe, lebih baik tetap mengenakan masker meskipun di area terbuka. Penggunaan masker juga tetap wajib dilakukan di area tertutup dan kendaraan umum.

Heroe menjelaskan, beberapa kegiatan yang berpotensi mendatangkan banyak orang, seperti konser atau pertunjukan seni dan budaya, dapat digelar dengan mempertimbangkan pembatasan-pembatasan yang dilakukan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads