alexametrics

BMKG Deteksi 14 Titik Panas di Kaltim

17 Mei 2022, 11:06:26 WIB

JawaPos.com–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, mendeteksi adanya 14 titik panas. Titik panas itu tersebar di tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

”Sebanyak 14 titik panas ini terdeteksi dari hasil pantauan Senin (16/5) mulai pukul 13.00 hingga 17.00 wita dan kami sampaikan ke kabupaten masing-masing,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita seperti dilansir dari Antara di Balikpapan.

BMKG langsung memberi kabar mengenai titik panas tersebut, terutama ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing daerah. Hal itu agar mereka dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk penanganannya.

Dia menjelaskan, pekan sebelumnya juga terdeteksi lima titik panas di Kaltim dan langsung diinformasikan ke BPBD setempat. Sehingga titik panas tersebut sudah hilang.

”14 titik panas yang terdeteksi ini merupakan titik panas di lokasi yang berbeda,” terang Carolina Meylita.

Menurut dia, tiga kabupaten yang terdeteksi adanya 14 titik panas adalah Kabupaten Kutai Barat terdapat 6 titik, Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 titik, dan Kabupaten Berau ada 1 titik. Titik panas di Kabupaten Kutai Barat tersebar di empat kecamatan yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni dua titik panas berada di Kecamatan Bongan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads