alexametrics

Kunjungan Wisatawan di Malioboro Turun Drastis Selama Libur Lebaran

17 Mei 2021, 07:14:21 WIB

JawaPos.com–Tingkat kunjungan wisatawan di tempat tujuan utama wisata di Jogjakarta, Malioboro, mengalami penurunan yang cukup drastis selama libur Lebaran. Yakni rata-rata hanya dikunjungi sekitar 500 hingga 700 orang per hari.

”Jumlah kunjungan sempat mengalami sedikit kenaikan pada Sabtu (15/5) malam. Namun tidak terlalu banyak. Jumlah wisatawan yang berkunjung pun masih kurang dari 1.000 orang,” kata Wakil Wali Kota Jogjakarta Heroe Poerwadi seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Menurut dia, penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Malioboro terjadi karena adanya kebijakan larangan mudik dan pengetatan syarat perjalanan ke luar daerah selama pemberlakuan PPKM mikro. Kebijakan larangan mudik ditambah penyekatan di sejumlah titik perbatasan Jogjakarta, menyebabkan jumlah wisatawan pun mengalami penurunan yang signifikan.

”Jumlah kunjungan saat libur Lebaran ini pun turun sangat drastis jika dibanding rata-rata kunjungan harian di Malioboro pada masa pandemi,” terang Heroe.

Rata-rata kunjungan pada saat hari kerja bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 orang per hari. Bahkan saat akhir pekan atau libur panjang, bisa mencapai 4.000–5.000 wisatawan per hari. Heroe menyebut, penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung tidak hanya terjadi di kawasan Malioboro tetapi juga di objek wisata lain di Kota Jogjakarta.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: