alexametrics

Unik Nan Nyentrik, KPPS TPS 16 Gunakan Seragam Pejuang

17 April 2019, 14:01:24 WIB

JawaPos.com – Dalam rangka meramaikan suasana pemilu, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 16, RW 02 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara tampil beda. Tujuannya untuk menarik perhatian warga sehingga menekan angka golongan putih (golput).

Sembilan anggota KPPS yang bertugas mengamankan alur pemungutan suara di TPS itu, kompak mengenakan kostum pejuang, lengkap dengan atributnya. Mereka mengenakan pakaian serba cokelat dengan bawahan hitam.

Ketua RW 02 Kelurahan Cilincing Abidin Yani menyampaikan, pihaknya mengambil tema ‘Perjuangan Tempo Doloe’. Dengan tujuan membangkitkan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) warganya.

“Kami sengaja mengambil tema ini untuk mengembalikan ke warna kita, merah putih. Hal ini menyikapi banyaknya warna perbedaan selama masa kampanye kemarin,” ucap Abidin di TPS 16, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (17/4).

Abidin menjelaskan, seragam pejuang beserta atribut seperti topi mut, dasi merah putih, hingga senjata mainan yang dikenakan dari koleksi warga masing-masing. Biasanya digunakan, saat pawai kemerdekaan pada momen hari besar kenegaraan.

“Harapannya masyarakat kembali bersatu. Boleh berbeda pilihan, yang penting tetap NKRI,” ungkapnya.

Merespon keunikan ini, warga Cilincing, Nurkomala, 40, mengungkapkan senang atas konsep tersebut. Ia melihat ini membuat semangat perjuangan bangkit dan menarik perhatian untuk datang memilih di TPS.

“Sangat bagus ya. Sama saja kita memilih calon pemimpin itu seperti orang yang sedang berjuang. Kita memperjuangkan rakyat, dengan memilih calon pemimpin mana yang lebih berpihak dan memperhatikan rakyat,” tandas Nur.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads