alexametrics
KPPS Pastikan Bukan Money Politic

TPS di Surabaya Gantung Amplop Berisi Uang, Panwascam Turun Tangan

17 April 2019, 15:40:04 WIB

JawaPos.com – Sejumlah TPS di Surabaya dihias sedemikian rupa agar menggunggah semangat warga untuk mencoblos, Rabu (17/4). Salah satunya di TPS 69, Jalan Tambak Asri gang XXVI, Krembangan.

KPPS menggantung 100 amplop berisi uang di langit-langit terop TPS. Amplop itu diberikan kepada warga yang sudah menggunakan hak pilihnnya.

Namun hal itu malah memancing tindakan tegas. Baru 2 jam setelah dibuka, Panwascam Krembangan meminta KPPS di TPS 69 menurunkan amplop tersebut.

Ketua KPPS TPS 69 Muhammad Khuderi mengatakan, tindakan itu sempat menuai kekecewaan warga yang terdaftar di TPS itu. Namun dirinya tidak dapat berbuat banyak.

Khuderi mengaku telah menurunkan sekitar 70 amplop yang belum diambil warga. “Perintah KPU Surabaya. Daripada jadi masalah, lebih baik diturunkan saja,” kata Khuderi kepada JawaPos.com. 

Khuderi menjelaskan, uang yang dibungkus amplop itu jumlahnya bervariasi. Antara Rp 2-50 ribu. Dia mengatakan, uang itu adalah murni dari jatah operasional KPPS sendiri.

Dia memastikan tidak ada unsur money politic. Memberi amplop sebagai doorprize untuk warga juga sudah menjadi tradisi turun temurun.

“Pilwali, Pilgub, Pileg yang lalu itu juga kami selalu mengadakan (memberi amplop kepada warga, Red). Tapi nggak pernah ada masalah,” tutur Khuderi.

Editor : Dida Tenola

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads